Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP SMP kelas IX K13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                       : SMP Negeri 1 Purworejo
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : IX/GANJIL
Materi Pokok              : Teks Eksemplum
Alokasi waktu             : 1 pertemuan x 3 jam pelajaran

A.    Kompetensi Inti   :
KI 1     : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2     : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong        royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3     : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4     : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.      Memahami teks eksemplum
2.      Membedakan teks eksemplum
3.      Mengklasifikasi teks eksemplum
4.      Menangkap makna teks eksemplum
5.      Menyusun teks eksemplum

C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, siswa dapat :

1.      Mampu memahami teks eksemplum
2.      Mampu membedakan teks eksemplum
3.      Mampu mengklasifikasi teks eksemplum
4.      Mampu menangkap makna teks eksemplum
5.      Mampu menyusun teks eksemplum

D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian teks eksemplum
2.      Fitur bahasa teks eksemplum
3.      Jenis/struktur tek eksemplum
E.     Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
TTW, Tanya jawab, dan Presentasi
F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
1.    Media :
Power point pengertian teks eksemplum
2.    Alat/bahan
·         LCD dan laptop
·         Buku referensi tentang genre teks
·         Alat tulis
3.    Sumber Belajar
http://belajarkasih.blogspot.com/2014/03/teks-eksemplum.html
G.    Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
·         Guru memberikan salam
·         Siswa merespon salam dan mengondisikan kelas
·         Guru mengabsen siswa
·         Guru memotivasi siswa

10 menit
Kegiatan awal
·         Siswa menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya  dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
·         Guru menjelaskan teks eksemplum
·         Tanya jawab tentang  materi Teks esemplum
Ditampilkan:
Menampilkan  materi teks eksemplum dengan powerpoint
30 menit
Kegiatan inti
Mengamati/ think
·         Masing-masing siswa diberi data (konteks) yang berisi struktur cerita teks eksemplum
·         Secara individu mencermati data yang dibagikan guru dan membuat catatan kecil
·         Dengan kemampuan individu, masing-masing siswa mencari, menemukan, menuliskan ciri tiap struktur yang dicermatinya.
Menanya / talking
·         Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok (3-5)
·         Antarsiswa dalam kelompok saling bertanya, konfirmasi tentang ciri-ciri yang ditemukan dari tiap cerita teks untuk dibahas jika ada perbedaan atas temuan masing-masing.
·         Mendefinisikan atas dasar temuannya.
·         Membaca konsep tentang teks eksemplum untuk dicocokkan dengan ciri-ciri hasil temuan atas data yang dikajinya.
Mencoba
·         Siswa bereksperimen untuk merumuskan maksud struktur tek eksemplum
·         Menyiapkan alasan dan penjelasan atas ciri tiap struktur teks eksemplum secara berkelompok.
Mengasosiasi / writing
·         Siswa mencoba mengestimasi tentang struktur isi teks eksemplum versi kelompok dengan mengacu pada konsep yang dibahasnya.
·         Menyiapkan deskripsi struktur isi teks eksemplum berdasarkan estimasinya dengan gaya kelompoknya.

Mengomunikasikan
·         Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil deskripsi dan estimasinya tentang struktur isi teks eksemplum
·         Kemudian kelompok lain memberikan tanggapan dari hasil presentasi
60 menit
Penutup
Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan struktur isi teks eksemplum
Penilaian performen, lisan, kerja kelompok, pengamatan, sikap dilakukan dalam dan selama proses kegiatan inti
20    Menit


H.    Penilaian
1.      Jenis/teknik penilaian
a.       Kompetensi Sikap:
·         Observasi
·         Penilaian diri
b.      Kompetensi Pengetahuan:
·         Tes tertulis
·         Tes lisan
c.       Kompetensi Keterampilan:
·         Tes praktik,
·         Projek, dan
·         Portofolio.
2.      Bentuk instrumen dan instrumen
3.      Pedoman penskoran
A.    Rubrik Instrumen
a.    Peniaian Sikap
Contoh Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Sikap






Nama
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kerjasama
Ramah dengan teman
Hormat pada
orang tua
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
1













2













3













4













5













6













7













8













9













Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
.






Lembar Observasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      : IX/Gasal
Kompetensi           : ..............................................
Materi                    : ..............................................

No
Nama Siswa
Sikap Pribadi
Sikap Ilmiah
Jml
Skor
Nilai
Jujur
Dspl
Tgjwb
Kritis
Objek
Tolr
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1









2









1.      3









2.      4









3.      5









4.      6









5.      7









6.      8









7.      9










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang

B.       Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Pemahaman tentang tek eksemplum
Tes lisan
Isian
Menemukan contoh teks eksemplum

Mengidentifikasi fitur bahasa tek eksemplum
Tes tertulis dan lisan
Isian

Deskripsikan dari teks eksemplum dengan kutipan

Mendeskripsikan struktur teks eksemplum


Tes lisan

Daftar pertanyaan

Diskusi kelompok dan presentasi didepan kelas
Mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra

Penugasan individu
Pekerjaan rumah
Buatlah teks eksemplum dengan struktur yang runtun









Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan

Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4






C.    Penilaian proyek

No
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.

·     Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·     Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·     Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik
Baik
Sedang
Kurang

4
3
2
1
2.
Organisasi
·     Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·     Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·     Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·     Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik
Baik
Sedang
Kurang

4
3
2
1
3.
Kosakata dan Diksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·     Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik


Baik

Sedang

Kurang

4


3

2

1
i.                      
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

4

3

2

1

5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang


4
3

2

1
6.
Kerapian
·      Terbaca, bersih dan rapi.
·      Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
kurang

4
3
2
1


Purworejo,   November 2014
Guru mata pelajaran



Syamsul maarif
NIM 122110097


LAMPIRAN
Teks eksmplum adalah jenis teks rekaan yang berisi insiden yang menurut partisipannya tidak perlu terjadi. Secara pribadi, partisipan menginginkan insiden itu dapat diatasi, tatapi ia tidak dapat berbuat apa-apa. Exemplum adalah jenis genre cerita, yang berkaitan dengan insiden yang di dalamnya terdapat beberapa hal menjadi insiden. Insiden yang terjadi dijadikan bahan untuk menarik sebuah kesimpulan tentang nilai-nilai atau pelajaran oleh pembaca. Teks eksemplum intinya tidak terletak pada cerita yang ada dalam teks tetapi terdapat dalam nilai atau pelajaran yang disampaikan melalui ilustrasi cerita yang disampaikan.
Struktur teksnya adalah :
1.      Abstrak
2.      Orientasi
3.      Insiden
4.      Interpretasi
5.      Koda
Fitur bahasa Exemplum adalah sebagai berikut :
1.     Menggunakan bahasa naratif
2.      Menunjukkan urutan peristiwa yang jelas
3.      Menghadirkan diri penulis (kita, aku) yang ada dalam interpretasi dan koda
3.      Ini biasanya menggunakan proses material dan tindakan untuk mengeksplorasi insiden .
4.      Menggunakan proses relasional untuk mengeksplorasi penilaian .
5.      Menggunakan referensi teks dan hubungan leksikal untuk menunjuk ke nilai-nilai yang disarankan oleh peristiwa .
Contoh teks eksemplum
Teks
Keterangan
Orang tak dikenal
Judul
Niat baik tidak selalu bersambut baik. Kadang, niat baik justru mencelakan diri kita sendiri. Kerenanya, pada saat tertentu kita perlu waspada terhadap niat baik yang akan kita lakukan.
Absatrak
Aku punya pengalaman yang mengerikan pekan lalu.  Minggu lalu, aku pergi ke sebuah desa kecil di selatan Jawa Barat. Aku sedang menuju ke kota berikutnya. Dalam perjalanan, seorang pemudan melambai padaku. Aku menghentikan mobilku dan dia meminta untuk tumpangan.
Orientasi
Begitu dia masuk ke mobil, aku mengucapkan selamat pagi kepadanya dalam Bahasa Jawa dan dia menjawab dalam bahasa yang sama. Tiba-tiba, ia mengambil pisau dari sakunya.  Secepat kilat dia langsung menodongkan pisaunya yang putih tajam ke leherku.
Aku sangat takut. Lalu, ia meminta aku untuk memberinya uang. Aku memberinya segera. Setelah itu, dia memintaku untuk menghentikan mobil dan dia pun keluar.
Insiden
Aku berterima kasih kepada Tuhan kerana menyelamatkanku waktu itu.  Sekarang, aku menyadari bahwa jika kita membantu orang lain, kita harus berhati-hati. Hal yang aneh jika kita memberikan tumpangan kepada seseorang di jalan. Padahal kita tidak tahu dan belum pernah bertemu sebelumnya. Hal ini sangat berbahaya bagi kita. Mungkin, ia akan menyakiti kita atau meminta uang.  Dari kejadian itu, aku belajar untuk berhati-hati.
Interpretasi
Peristiwa di atas memberikan pelajaran bahwa kita harus lebih berhati-hati dengan orang yang kita nilai baik belum tentu orang itu baik. Selektif dalam menilai orang dan melakukan tindakan harus selalu kita lakukan. Ibarat pribahasa kita harus hati-hati dengan “serigala berbulu domba” .
Koda

Post a Comment for "Contoh RPP SMP kelas IX K13"