Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP untuk Sekolah Dasar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SD Negeri 1 Kebumen
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/ Semester           : V/ 2
Standar Kompetensi  : 4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam  bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar   : 4.4 Melantunkan dan menyajikan teks pantun tentang bencana alam serta kehidupan berbangsa dan bernegara secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Indikator                     : (1)  Siswa mampu menentukan syarat-syarat pantun
  (2) Siswa mampu menulis pantun sesuai syarat-syarat pantun
                                      (3)  Siswa mampu melantunkan pantun buatan sendiri
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit (2 x pertemuan)

1.        Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu melantunkan pantun buatan sendiri yang sesuai dengan syarat-syarat pantun, dengan pelafalan yang tepat dan jelas.

2.        Materi Pembelajaran
a.       Syarat-syarat pantun
b.      Cara penulisan pantun
c.       Praktik membuat pantun sendiri sesuai dengan syarat-syarat pantun

3.        Metode dan Model Pembelajaran
a.       Tanya jawab
b.      Mandiri
c.       Demonstrasi

4.        Kegiatan Pembelajaran
a.       Kegiatan Awal:
1)      Guru mengucapkan salam
2)      Siswa diminta memimpin doa pembuka
3)      Guru melakukan presensi
4)      Guru menyampaikan judul materi yang akan diajarkan
5)      Guru membagikan buku kepada siswa yang berisi contoh-contoh pantun
b.      Kegiatan Inti:
1)      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa mengenai jenis dan syarat-syarat pantun. 
2)      Siswa diminta untuk membaca contoh-contoh pantun
3)      Guru menjelaskan tentang jenis dan syarat-syarat pantun
4)      Guru memberi contoh penulisan dan pelafalan pantun
5)      Siswa diminta membuat pantun sesuai dengan syarat-syarat pantun di selembar kertas
6)      Guru meminta siswa untuk maju membacakan pantun buatan sendiri di depan kelas.
c.       Kegiatan Akhir
1)      Siswa diminta untuk mengumpulkan pantun hasil buatan sendiri tersebut
2)      Guru dan siswa bersama-sama merangkum materi yang telah dipelajari
3)      Guru dan siswa merefleksikan pelajaran
4)      Siswa diminta memimpin doa penutup.

5.        Sumber Belajar
a.       Buku Bahasa Indonesia Sekolah Dasar Kelas V
b.      Buku Contoh-contoh Pantun

6.        Penilaian
a.       Teknik            : Tertulis dan lisan
b.      Bentuk           : Pantun buatan sendiri
c.       Instrumen       : Pedoman penilaian (terlampir)



Mengetahui,                                                      Kebumen, 12 Maret 2013
Kepala SD Negeri 1 Kebumen                                               Guru Kelas V


           (Jamroh, M. Pd)                                                      (Eko Setiawati, S. Pd)









LAMPIRAN
PEDOMAN PENILAIAN

No.
Jenis Soal
Nilai Satuan
Total Maksimal
1.
Praktik (lisan)
5
50
2.
Praktik (tertulis)
5
50
Jumlah
100


Post a Comment for "Contoh RPP untuk Sekolah Dasar"