Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh RPP K13 Bahasa Indonesia SMP kelas VII

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah                       : SMP Negeri 1 Purworejo
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : VII/Gasal
Materi Pokok              : Menentukan Paragraf dalam Berbagai Bentuk
Alokasi waktu             : 2 x 45 menit

A.      Kompetensi Inti:
KI 1          : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2         : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
  (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
  efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
  keberadaannya
KI 3          : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
  fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4          : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
  mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
  dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
  pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.      Mampu memahami pengertian paragraf
2.      Mampu memahami jenis-jenis paragraf
3.      Mampu membuat salah satu jenis paragraf dengan tema tertentu
C.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses menggali informasi melalui berbagai fakta, berdiskusi atas fakta dan konsep, menginterprestasi mengasosiasi dan mengomunikasikan, siswa dapat :
1.         Memahami pengertian paragraf
2.         Memahami jenis-jenis paragraf
3.         Membuat salah satu jenis paragraf dengan tema tertentu           
D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Paragraf
2.      Jenis-jenis Paragraf (Narasi, Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, dan Persuasi)
E.     Metode Pembelajaran (Rincian dari kegiatan Pembelajaran)
1.      Metode Pembelajaran VAK (Visualization, Auditory, and Kinestetic)
F.     Media, Alat dan Sumber Pembelajaran
a.       Media :
Power point jenis-jenis paragraf
b.      Alat/bahan
·         LCD, laptop
·         Buku referensi tentang paragraf
·         Alat tulis
c.       Sumber Belajar
·         Macam-macam paragraf dan contohnya. Tersedia pada website: http://www.disukai.com/2012/10/macam-macam-paragraf-dancontohnya.html
·      Memen Durachman.  Paragraf: Pengertian, Jenis, Syarat Pembentukan, dan Metode Pengembangannya. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND._BHS._DAN_SASTRA_INDONESIA/196306081988031-MEMEN_DURACHMAN/Paragrafx.pdf


    Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan



Kegiatan awal
·         Guru memberikan salam
·         Siswa merespon salam dan mengondisikan kelas
·         Guru mengabsen siswa

·         Guru menjelaskan mengenai pengertian paragraf
·         Siswa menyimak penjelasan guru, sembari guru menjelaskan materi tentang jenis-jenis paragraf yaitu narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, dan persuasi
·         Siswa menerima materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang dilakukan guru
·         Apersepsi dan motivasi
Ditampilkan: Penggalan jenis-jenis paragraf
15 menit



15 menit
Kegiatan Inti
Visualization
·         Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
·         Masing-masing kelompok mengamati berbagai penggalan paragraf pada layar LCD
·         Dengan kemampuan individu, siswa dalam kelompok menentukan jenis penggalan paragraf pada layar LCD
Auditory
·         Siswa dalam kelompok menentukan jenis penggalan paragraf dalam bentuk rekaman suara.
Kinestetic
·         Siswa dalam kelompok bereksperimen untuk membuat salah satu jenis paragraf dalam tema tertentu
·         Siswa dapat saling bertanya dan mengkomunikasikan dengan siswa lain mengenai jenis paragraf dalam satu kelompoknya.
45 menit
Penutup
·         Umpan balik antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan jenis-jenis paragraf
·         Penilaian performen, lisan, kerja kelompok, pengamatan, sikap dilakukan dalam dan selama proses kegiatan inti
15    menit
 





A.    Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian
a.    Kompetensi Sikap:
·         Observasi
·         Penilaian diri
b.    Kompetensi Pengetahuan:
·         Tes tertulis
·         Tes lisan
c.    Kompetensi Keterampilan:
·         Tes praktik,
·         Projek, dan Portofolio.
1.      Bentuk instrumen dan instrumen
2.      Pedoman penskoran
B.     Rubrik Instrumen
a.    Peniaian Sikap
Contoh Format Lembar Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
Sikap






Nama
Keterbukaan
Ketekunan belajar
Kerajinan
Tenggang rasa
Kedisiplinan
Kerjasama
Ramah dengan teman
Hormat pada
orang tua
Kejujuran
Menepati janji
Kepedulian
Tanggung jawab
1













2













3













4













5













6













7













8













9













Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
.






Lembar Observasi

LEMBAR PENGAMATAN OBSERVASI

Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester      : VII/Gasal
Kompetensi           : ..............................................
Materi                    : ..............................................

No
Nama Siswa
Sikap Pribadi
Sikap Ilmiah
Jml
Skor
Nilai
Jujur
Dspl
Tgjwb
Kritis
Objek
Tolr
(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
1









2









1.      3









2.      4









3.      5









4.      6









5.      7









6.      8









7.      9










Keterangan pengisian skor
4.  Sangat baik
3.  Baik
2.  cukup
1.  Kurang









C.      Penilaian Pengetahuan
Penilaian Pengetahuan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Mengidentifikasi bentuk paragraf
Tes lisan
Isian
Identifikasi karakteristik bentuk paragraf

Mengidentifikasi jenis-jenis paragraf (narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, persuasi)

Tes tertulis dan lisan
Isian

Identifikasilah karakteristik jenis-jenis paragraf (narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, persuasi)


Mendeskripsikan struktur paragraf


Tes lisan

Daftar pertanyaan

Deskripsikan struktur paragraf

Mendeskripsikan jenis-jenis paragraf (narasi, deskripsi, eksposisi, argumentasi, persuasi)


Tes lisan

Daftar pertanyaan

Deskripsikan jenis-jenis paragraf yang Anda temukan dalam penggalan paragraf!
Menginterpretasi salah satu jenis paragraf dalam tema tertentu

Tes praktik
Tes simulasi
interpretasikan salah satu jenis paragraf secara berkelompok!
Mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra

Penugasan individu
Pekerjaan rumah
Buatlah salah satu jenis paragraf berdasarkan tema yang telah ditentukan!

Pedoman Penskoran penilaian pengetahuan

Aspek
Tingkat
Skor
Siswa menjawab dengan benar dan sangat baik
AB
4
Siswa menjawab benar dan baik
B
3
Siswa menjawab benar dan sedang
S
2
Siswa menjawab kurang benar 
K
1
SKOR MAKSIMAL

4

D.    Penilaian proyek



No
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
Tingkat
Skor
1.

·     Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan kutipan.
·     Memahami;  luas dan lengkap; terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
·     Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang terinci.
·     Tidak memahami isi; tidak mengena.

Amat baik
Baik
Sedang
Kurang

4
3
2
1
2.
Organisasi
·     Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis; kohesi amat tinggi.
·     Teratur dan rapi;  jelas; banyak  gagasan; urutan  logis; kohesi  tinggi.
·     Kurang teratur dan rapi;  kurang jelas; kurang  gagasan; urutan kurang logis; kohesi kurang tinggi.
·     Tidak teratur;  tidak  jelas; miskin  gagasan; urutan tidak logis; tidak ada kohesi.

Amat baik
Baik
Sedang
Kurang

4
3
2
1
3.
Kosakata dan Diksi
·     Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata; pemilihan kata amat tepat.
·     Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang tepat.
·     Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan kata kurang tepat.
·     Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai kata-kata.

Amat baik


Baik

Sedang

Kurang

4


3

2

1
i.                      
4.
Bahasa (Tata Bahasa dan Struktur)
·      Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan penyusunan kalimat dan kata-kata.
·      Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata bahasa tanpa mengaburkan makna.
·      Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan tata bahasa yang mengaburkan makna.
·      Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.

Amat baik

Baik

Sedang

Kurang

4

3

2

1

5.
Penulisan (Ejaan dan Tanda Baca)
·      Amat  menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan.
·      Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
·      Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak kesalahan.
·      Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.

Amat baik
Baik

Sedang

Kurang


4
3

2

1
6.
Kerapian
·      Terbaca, bersih dan rapi.
·      Terbaca,  bersih, tapi tidak  rapi.
·      Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
·      Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.

Amat baik
Baik
Sedang
kurang

4
3
2
1

Post a Comment for "Contoh RPP K13 Bahasa Indonesia SMP kelas VII"