Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA CERPEN PILIHAN MAJALAH GEMPITA EDISI TAHUN 2012


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar belakang
Karya sastra adalah bentuk imajunatif yang ditulis berdasarkan pengalaman-pengalaman hiduo dan komdisi lingkungan yang melingkupinya. Dengan demikian, karya sastra merupakan cermin dari dunia realitas.

Supardi joko Damono (1984:-12) menyatakan bahwa sastra merupakan langsung dari kondisi masyarakat, sehingga dapat dikatakan sastra sebagai cermin. Berkaitan dengan itu, persoalan yang terjadi di masyarakat tentu menjadi persoalan-persoalan dalam karya sastra. Karya sastra memuat adanya aspek-aspek social yang antara lain meliputi aspek ekonomi, tradisi masyarakat, hubungan, religi, kepercayaan, cinta kasih, dan sebagainya.
Teeuw (1985:15) mengatakan bahwa karya saastra adalah dunia tersendiri sebagai bentuk pengejawantahan kehidupan masyarakat. Karya sastra adalah kehidupan buatan yang diwaarnai oleh sikap penulis. Oleh itu, kenyataan dan kebenaran di dalam karya sastra tidak mungkin sama dengan kenyataan didunia reealitas.
Berdasarkan dua pendapat di atas, tidak mengherankan bila terjadi interaksi dan inter relasi antara pengarang dan masyarakat selalu dapat ditarik sifat-sifat relasi antara karya sastra dengan masyarakat  tentang pengarang hidup. Jika novel dikatakan sebagai suatu totalitas, permasalahan-permasalahan di masyarakat mengisi bagian novel secara totalitas pula.
Dalam penelitian, penulis memilih kumpulan cerpen pilihan majalah Gempita edisi 2012 sebagai objek penelitian, dengan pertimbangan Cerpen-cerpen dalam majalah tersebut sangat menarik.  Diantara cerpen-cerpen yang ada  dalam majalah tersebut yaitu “Musibah” karya Jujur Prananto, “Serdadu Tua dan Jipnya” karya Wilson Nadeak, “Tukang Jahit” karya Agus Noor, dan “Kisah Pilot Bejo” karya Budi Darma.
Bersoalan dengan persoalan di masyarakat yang tercermin dalam karya sastra, Joko Soemardjo (1979:15) berpendapat bahwa pengarang adalah anggota masyarakat yang hidup dan berinteraksi dengan masyarakat. Oleh karena itu, karya sastra yang dihasilkan tentu memuat peristiwa-peristiwa yang pernah, sedang, dan akan terjadi di masyarakat.

B.     Penegasan Istilah
1.    Sosiologi Sastra
Sosiologi adalah pengetahuan atau ilmutentang sifat, gejala/fenomena, perilaku, dan perkembangan masyarakat (KBBI : 105). Sosiologi merupakan telaah objektif dan ilmiah tentang manusia dalam masyarakat,  telaah tentang lembaga dan proses. Menurut Damono (1984), sosiologi merupakan salah satu cabang ilmu sastra yang mengkaji masalah-masalah dalam sastra. Aspek-asspek dalam karya sastra meliputi, ekonomi, politik, tradisi, moral, etika, cinta kasih dan lain-lain,
2.    Cerpen
Istilah cerpen, singkatan dari cerita pendek. Menurut Baribin (1983) cerpen merupakan bagian dari atau pengalaman cerita yang terdiri satu kerangkaian peristiwa dan selesai.

3.    Majalah Gempita edisi 2012
Majalah kartini adalah tabloid majalah wanita Indonesia yang didalamnya memuat berbagai artikel, baik artikel tentang wanita, psikologi, maupun cerita bersambung.

C.    Permasalahn
Berdasarkan uraian diatas, permasalahan dalam penelitian adalah aspek-aspek social dalam cerpen pilihan majalah Gempita edisi 2012, yang terdiri dari “Musibah” karya Jujur Prananto, “Serdadu Tua dan Jipnya” karya Wilson Nadeak, “Tukang Jahit” karya Agus Noor, dan “Kisah Pilot Bejo” karya Budi Darma.

D.    Tujuan dan Kegunaan Peneletian
1.    Tujuan penelitian
 Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek-aspek social antara lain: ekonomi, politik, tradisi, moral, etika, cinta kasih dan lain-lain yang terdapat dalam cerpen pilihan majalah Gempita edisi 2012, yang terdiri dari “Musibah” karya Jujur Prananto, “Serdadu Tua dan Jipnya” karya Wilson Nadeak, “Tukang Jahit” karya Agus Noor, dan “Kisah Pilot Bejo” karya Budi Darma.

2.    Kegunaan penelitian
a.    Secara teoritis
Penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan ilmu sastra khususnya teori sosiologi sastra.
b.    Segi praktis
Peneliti ini diharapkan dapat membantu pembaca dalam memahami aspek sosial dalam cerpen-cerpen  pilihan majalah Gempita edisi 2012.

BAB II
TINJUAN PUSTAKA DAN KAJIAN TEORITIS

A.  Tiuan Pustaka
       Darai penelitian yang penulis ketahui, ada beberapa penelitian yang memfokuskan kepada tinjuan sosiologi-sastra. Sri Wahyuningtyas (1990) dengan judul “Sekar karya Maria A. Sarjono Seebuah Tinjauan Sosiologi Sastra”. Dalam peneliti ini menggunakan teori sosiologi sastra dari Sapardi Djoko yang memfokuskan pada aspek sastra. Dalam penelitian tersebut, ditemukan ada beberapa aspek, yaitu stratifikasi sebagai aspek hubungan social, aspek moral aspek religious, aspek cerita kasih, dan aspek seks.
       Kadaryati (2004) dengan judul “Novel Berkisar Merah Karya Ahmad Tohari Kajian Sosiologi Sastra”. Teori yang digunakan oleh peneliti yakni teori sosiologi sastra dari Sapardi Djoko Damono yang mengatakan sastra sebagai cermin masyarakat dengan dipandu pengarang, yang antara lain dikatakan bahwa yang dimaksud dengan degradasi adalah terjembataninya antara tokoh idola dengan dunia, sedangkan nilai-nilai otentik adalah nilai-nilai yang mengorganisasikan secara keseluruhan.
       Dengan demikian, dari uraian penelitian diatas ada perbedaan dengan penelitian penulis, yaitu terletak pada objek kajiannya. Penulis menggunakan objek kajian Cerpen-cerpen sedangkan tinjuan penelitian diatas menggunakannobjek kajian novel.

B.     Kajian Teoritis
       Teori yang penulis gunakan adalah teori sosiologi sastra dari Djoko Damono, dalam bukunya Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas (1984). Yang merupakan perpaduan antara khayalan kehidupaan atau imajinasi pengarang dengan kehidupan sebagai cermin langsung dari masyarakat karena masalah-masalah yang dihadapi pengarang atau masalah-masalah yang ada dilingkungan pengarang sering mewarnai karya sastranya. (Damono:1984:1) mengatakan sebagai berikut.

Sastra adalah lembagai social yang menggunakan bahasa sebagai medium, bahasa itu sendiri merupakan ciptaan sosial sastra menampilkan gambaran kehidupan dan kehiidupan itu sendiri adalah kenyataan social. Dalam pengertian ini, kehidupan mencakup hubungan antarmasyarakat-masyarakat dengan individu, individu dengan individu, antarperistiwa yang terjadi dalam batin seseorang. Yang sering menjadi bahasan  sastra adalah pantulan hubungan seseorang denga orang lain atau dengan masyarakat. (Damono:1984:2-8)

Peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam teks sastra tidak lepas dari persoalan-persoalan social di realitas masyarakat, atau bisa juga terjadi dari pengaruh tradisi dan pengaruh asing yang terjadi di lingkungan kehidupan pengarang sehingga masuk ke imajinasi pengarang dan menjadi bentuk krativitas pengarang.

BAB III
METODE PENELITIAN

A.    Ojek Penelitian
      Objek penelitian ini adalah cerpen pilihan dari majalah Gempita edisi 2012, yang terdiri dari “Musibah” karya Jujur Prananto, “Serdadu Tua dan Jipnya” karya Wilson Nadeak, “Tukang Jahit” karya Agus Noor, dan “Kisah Pilot Bejo” karya Budi Darma.

B.       Fokus Penelitian
Fokus penelitian adalah jumlah keseluruhan dari objek penelitian Cerpen pilihan majalah Gempita edisi 2012, yang terdiri dari dari “Musibah” karya Jujur Prananto, “Serdadu Tua dan Jipnya” karya Wilson Nadeak, “Tukang Jahit” karya Agus Noor, dan “Kisah Pilot Bejo” karya Budi Darma.

C.    Sumber Data
 Dalam penelitian ini data diperoleh dari objek penelitian cerpen majalah Gempita edisi 2012, yang terdiri dari “Musibah” karya Jujur Prananto, “Serdadu Tua dan Jipnya” karya Wilson Nadeak, “Tukang Jahit” karya Agus Noor, dan “Kisah Pilot Bejo” karya Budi Darma. Data-data tersebut berupa kutipan, yakni langsung dari teks Cerpen pilihan majalah Gempita edisi 2012.

D.      Intrumen penelitian
Instrument yang dipakai dalam penelitian ini adalah kartu pencatat data dan alat tulisnya. Kartu pencatat data digunakan untuk mencatat semua data-data yang diperoleh dari objeknya.

E.     Teknik Pengumpulan Data
            Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik Observasi. Teknik observasi adalah membaca secara kritis dan teliti seluruh wacana dan dialog dalam sebuah teks sastra (Arikunto, 1998:138). Oleh karena itu, dalam penelitian ini teks cerpen pilihan majalah Gempita edisi 2012, yang terdiri dari “Musibah” karya Jujur Prananto, “Serdadu Tua dan Jipnya” karya Wilson Nadeak, “Tukang Jahit” karya Agus Noor, dan “Kisah Pilot Bejo” karya Budi Darma dibaca secarabkritis dan teliti seluruh wacana dan dialognya. Dari hasil pembacaan yang teliti tersebut, penulis temukan data-data yang berupa kutipan-kutipan. Data tersebut, Penulis catat dalam kartu pencatat data. Selanjutnya, data-data tersebut penulis kelompokan atau klasifikasikan sesuai dengan aspek-aspek sosialnya.

F.       Teknik Analisis Data
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu membahas data dengan mengkaji isi Cerpen pilihan majalah Gempita edisi 2012, yakni terdiri dari “Musibah” karya Jujur Prananto, “Serdadu Tua dan Jipnya” karya Wilson Nadeak, “Tukang Jahit” karya Agus Noor, dan “Kisah Pilot Bejo” karya Budi Darma.

Post a Comment for "ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA CERPEN PILIHAN MAJALAH GEMPITA EDISI TAHUN 2012"