Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Laporan Perjalanan KKL

A.    Latar Belakang
Dalam era globalisasi sekarang ini pendidikan cukup berkembang pesat. Pendidikan di Indonesia kini berkembang dengan pesat, dilatarbelakangi oleh kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat menuntut mahasiswa untuk mengimbanginya agar tidak tertinggal jauh. Salah satu upaya menanggapi tuntutan tersebut adalah dengan memberikan pengalaman – pengalaman kepada mahasiswa yang berorientasi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada. Dalam proses pembelajaran, tentu saja kita tidak hanya terpaku dalam ruang lingkup metode klasik pendidikan saat ini (dalam kelas), tetapi kita dapat belajar secara nyata melalui pengalaman langsung di lapangan, yang tentu saja dapat memaksimalkan hasil belajar mahasiswa.
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) merupakan salah satu bentuk pembelajaran berbasis lapangan. KKL ini merupakan jawaban atas tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis lapangan yang dapat memfasilitasii mahasiswa dalam memenuhi pembelajaran kekinian. Tujuan secara umum diadakannya KKL ini agar mahasiswa dapat secara langsung mengetahuii aplikasi dari berbagai ilmu maupun teori yang telah diperoleh selama pembelajaran yang diadakan di dalam kelas (Universitas). KKL dapat dilakukan di dalam maupun di luar daerah Universitas bersangkutan.
Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ini dilaksanakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Purworejo sejak hari Minggu , 2 Agustus  sampai dengan hari Jumat, 7 Agustus 2015. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengikuti mata kuliah KKL yang berbobot 2 SKS. Dengan dilaksanakannya KKL ini diharapkan mahasiswa dapat memenuhi mata kuliah yang berstatus wajib ini. Selain itu juga, kegiatan ini bertujuan untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dibidang kewirausahaan, bagaimana perkembangan sains tersebut di antara wilayah yang satu dengan wilayah yang lainnya, sehingga diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa dalam menghadapi tuntutan perkembangan zaman dan kemajuan IPTEK yang semakin pesat.
B.     Tujuan Kegiatan
Tujuan dari kegiatan Kuliah Kerja Lapangan ini adalah :
1.      Mahasiswa dapat mengembangkan wawasan dan pengetahuan secara langsung tentang dunia pendidikan.
2.      Mahasiswa dapat mengetahui tentang obyek-obyek yang ada di daerah Bali sebagai bahan untuk mencari teori pembelajaran.
C.     Manfaat Kegiatan
Kegiatan KKL  Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyaah Purworejo mempunyai manfaat antara lain:
1.      Memberikan  pengalaman dan pengetahuan yang lebih kepada mahasiswa mengenai bahasa, sastra dan pengajarannya
2.      Menumbuhkan solidaritas dan rasa kekeluargaan mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
3.      Menambah wawasan tentang kebudayaan pulau Bali


BAB II
TEMPAT YANG DIKUNJUNGI
1.      UMM MALANG
Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta terakreditasi "A" dengan Nomor SK: 074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013, yang berpusat di kampus III terpadu Universitas Muhammadiyah Malang, Jalan Raya Tlogomas 246 Kota Malang, Jawa Timur. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur. UMM termasuk dalam jajaran PTS terkemuka di Indonesia bersama UII dan UMY. Oleh karena didominasi warna dinding putih, UMM sering disebut sebagai kampus putih
UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur. Program-program yang didisain dengan cermat menjadikan UMM sebagai "The Real University", yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi
            Kegitan kunjungan mahasiswa PBSI UMP adalah bertujuan mengenal lebih jauh, serta sekaligus mempererat hubungan kerjasama dengan UMM Malang. Adapun bentuk kerja sama antara kedua universitas tersebut adalah dengan mengadakan seminar nasional bahasa dan sasatra Indonesia, dan dilanjutkan dengan penandatanganan surat perjanjian antara kedua universitas.

2.      JATIM PARK
Adalah sebuah tempat rekreasi dan taman belajar yang terdapat di Kota Batu, Jawa Timur. Obyek wisata ini berada sekitar 20 km barat Kota Malang, dan kini menjadi salah satu icon wisata Jawa Timur. Obyek wisata ini memiliki 36 wahana, diantaranya kolam renang raksasa (dengan latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Mpu Gandring),spinning coaster, dan drop zone. Wahana pendidikan yang menjadi pusat perhatian diantaranya adalah Volcano danGaleri Nusantara yang juga terdapat tanaman agro, diorama binatang langka, dan miniatur candi-candi.jatim park 1 beralamat di jl.kartika no.2,yg berdekatan dengan Klub Bunga

3.      DANAU BEDUGUL
Bedugul adalah sebuah obyek wisata di Bali yang terletak di daerah pegunungan yang memiliki suasana sejuk dan nyaman, bisa menikmati keindahan danau Beratan dan Pura Ulun Danu, terletak di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Tabanan. Jaraknya kurang lebih 70 km dari wilayah wisata Kuta/ Bandara Ngurah Rai. Bangunan yang terdapat di areal wisata Bedugul ini merupakan bangunan tempo dulu dan terbilang kuno, tapi semua keadan fisiknya masih bersih dan tertata dengan rapi. Wisatawan bisa menikmati waktu santai dengan jalan kaki, menyewa perahu, banyak wisatawan nusantara berkunjung kesini pada waktu musim liburan. Ada Kebun Raya di Bedugul yang merupakan satu satunya di Bali, berbagai jenis buahan-buahan dan sayur mayur tumbuh dengan subur di daerah ini. Penduduk setempat menjual hasil kebunnya di pasar setempat dan juga di jual ke daerah lain di Bali. Disini juga disiapkan kapal boat atau sampan yang disewakan bagi pengunjug untuk lebih menikmati keindahan Danau Beratan. Di areal wisata terdapat kios-kios kecil untuk keperluan oleh-oleh bagi keluarga.

4.      JOGGER
Mungkin di telinga anda kata Joger sudah tidak asing lagi, apalagi yang sudah pernah melancong ke Pulau Bali. Produk - produk dari joger seperti Kaos, Tas, Sendal, dan Furnitur lainnya. namun selain kita sudah mengenal product - product joger kita harus tahu juga sejah joger hingga bisa seperti saat ini. kata joger merupakan gabungan dari 5 Huruf yaitu J . O . G . E . R jika kita cari di kamus bahasa indonesia kata ini belum memiliki arti, ia itu pasti karena kaya JOGER itu sendiri bukan di ambil dari kata yang ada sebelumnya. Pada tahun 1980 Pak Joseph Theodorus Wulianadi (pemilik joger) mengawali usahanya di sebuah pertokoan di Jl. Sulawesi 37, Denpasar. awalnya Joseph Theodorus Wulianadi belum memiliki nama untuk Toko kecilnya itu tidak seperti toko - toko yang berada di sekitarnya sampai - sampai Dinas perdagangan Denpasar meminta agar Toko yang dimilikinya segera di berikan nama sehingga mudah di bedakan antara toko - tokok yang berada di sekitarnya. pada tanggal 9 bulan 9 tahun 1951 Joseph Theodorus Wulianadi merenungkan diri di atas tempat tidurnya beliau merenungkan nama apa yang cocok untuk Tokonya itu. yang jelas Joseph Theodorus Wulianadi tidak ingin nama tokonya di berikan dengan nama yang umum atau yang biasa kita lihat di pasar - pasar atau toko biasa, beliau ingin nama tokonya itu bernama yang Unik artinya nama yang muncul dari dalam hati nurani. Seiring detik jam berjalan Tuan Joseph Theodorus Wulianadi teringat dengan jasa besar dari Mr. Gerhard dimana dia telah memberikan dana sebesar $ 20.000 sebagai hadiah pernikahan Joseph Theodorus Wulianadi dengan Istri tercintanya Ery Kusdarijati, Mr. Gerhard merupakan teman sekolahnya dulu di Hotelfachshule, Bad Wiesee, Jerman Barat, tahun 1970-an.
Dengan berjalannya waktu detik jam akhirnya tuan Joseph menggabungkan nama "Joseph" dan nama temannya "Gerhard" sehingga dari nama tersebut diambilah 2 karakter dari kiri dari nama Joseph = JO dan 3 karakter dari kiri Gerhard = GER sehingga jika digabungkan menjadi JOGER. Dan pada tanggal 19 Januari 1981 merupakan hari lahir joger dimana nama joger pertama kalinya digunakan sebagai nama Toko tuan Joseph namun nama Tokonya saat itu belum murni JOGER tapi "ART & BATIK SHOP JOGER" awalnya masyarakat belum tau dan belum tertarik dengan Product yang di jual oleh toko ini namun karena seiring berjalannya waktu dan tren yang terus bergerak akhirnya product - product Toko Joger di terima dan menarik banyak masyarakat karena setiap barang seperti Kaos dan souvenir - souvenir lainnya terdapata kata - kata yang unik khas Joger. hingga akhirnnya nama Joger menjadi nama besar dan harum. pada tanggal 7 Juli 1987 diputuskan bahwa joger hanya akan di buka di satu toko di Bali dimana hanya akan bisa di jumpai di Jl. Raya Kuta - Bali. dan sejak tahun 1990-an hingga saat ini Joger di sebut sebagai PABRIK KATA - KATA.

5.      TARI KECAK 
Adalah pertunjukan tarian seni khas Bali yang lebih utama menceritakan mengenai Ramayana dan dimainkan terutama oleh laki-laki. Tarian ini dipertunjukkan oleh banyak (puluhan atau lebih) penari laki-laki yang duduk berbaris melingkar dan dengan irama tertentu menyerukan "cak" dan mengangkat kedua lengan, menggambarkan kisah  Ramayana saat barisan kera membantu Rama melawan Rahwana. Namun, Kecak berasal dari ritual sanghyang, yaitu tradisi tarian yang penarinya akan berada pada kondisi tidak sadar, melakukan komunikasi dengan Tuhan atau roh para leluhur dan kemudian menyampaikan harapan-harapannya kepada masyarakat. Para penari yang duduk melingkar tersebut mengenakan kain kotak-kotak seperti papan catur melingkari pinggang mereka. Selain para penari itu, ada pula para penari lain yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana seperti Rama, Shinta, Rahwana, Hanoman, dan Sugriwa.
Lagu tari Kecak diambil dari ritual tarian sanghyang. Selain itu, tidak digunakan alat musik. Hanya digunakan kincringan yang dikenakan pada kaki penari yang memerankan tokoh-tokoh Ramayana. Sekitar tahun 1930-an Wayan Limbak bekerja sama dengan pelukis Jerman Walter Spies menciptakan tari Kecak berdasarkan tradisi Sanghyang dan bagian-bagian kisah Ramayana. Wayan Limbak memopulerkan tari ini saat berkeliling dunia bersama rombongan penari Bali-nya.

6.      MONUMEN BRAJA SANDI
Monumen ini berupa museum yang terdapat di pusat kota Bali. Museum ini sengaja dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan Bali seperti masyarakat kecil dari kaum sudra hingga kaum brahmana yang ikuut berjuang demi kemerdekaan negeri ini. Agar jasa mereka tidaki dilupakan maka, pemkot Bali merasa perlu untuk mencatat semua perjuangan rakyat Bali dalam museum ini.

7.      TANJUNG BENOA
Tanjung Benoa merupakan tempat wisata di Bali yang terkenal akan pantainya. Tempat ini juga merupakan surganya wahana air seperti banana boat, scuba diving, parasailing, rolling donut, seawalker, flying fish, snorkeling dll. Selain itu, terdapat pelayaran menuju Pulau Penyu tempat hidup dan penangkaran seekor kura-kura, ular, jalak bali, dan sebagainya. Sehingga tidak salah kalau Tanjung Benoa dikenal sebagai pusat wisata bahari di Bali.
Aktifitas wahana air sangat tergantung dari kondisi pasang surut air laut yang dikenal istilah pasang purnama dan pasang tilem. Jika kena pengaruh bulan mati (tilem), atraksi wisata laut baru bisa dilangsungkan di atas pukul 11.00 hingga sore. Sebaliknya, kalau terkena pengaruh pasang purnama (bulan penuh), wisatawan bisa memulai aktivitas wisata tirta sejak pagi hari, sekitar pukul 09.00 hingga sore hari biasanya sampai jam 4 sore. Bibir pantai Tanjung Benoa memiliki laut yang aman, nyaman dan indah. Karang lautnya masih lestari, sehingga ombak akan pecah di luar, sebelum menyentuh bibir pantai. Karena itu, di pantai Tanjung Benoa dikenal istilah ''laut dangkal'' dan ''laut dalam''
Pesisir pantai Tanjung Benoa mencakup tujuh lingkungan/banjar, enam di antaranya masuk wilayah Kelurahan Tanjung Benoa (Banjar Kerta Pascima, Anyar, Tengah, Purwa Santi, Panca Bhineka, dan Banjar Tengkulung), sedangkan Banjar Terora masuk wilayah Kelurahan Benoa. Luas keseluruhannya 400,39 hektar, 226,64 hektar di antaranya adalah luar wilayah Banjar Terora. Dengan demikian luas wilayah Tanjung Benoa hanya 173,75 hektar. 

8.      PANTAI PANDAWA
Pantai Pandawa adalah salah satu kawasan wisata di area Kuta selatan, Kabupaten Badung, Bali. Pantai ini terletak di balik perbukitan dan sering disebut sebagai Pantai Rahasia (Secret Beach). Di sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti. Keenam patung tersebut secarara berurutan (dari posisi tertinggi) diberi penejasan nama Dewi Kunti, Dharma Wangsa, Bima, Arjuna, Nakula, danSahadewa.
Selain untuk tujuan wisata dan olahraga air, pantai ini juga dimanfaatkan untuk budidaya rumput laut karena kontur pantai yang landai dan ombak yang tidak sampai ke garis pantai. Cukup banyak wisatawan yang melakukan paralayang dari Bukit Timbis hingga ke Pantai Pandawa.

9.      Pusat Oleh-Oleh KIRANA
            Pusat oleh-oleh Kiranan merupakan salah satu lokiasi yang dikunjungi dalam program KKL. Disana menyejikan berbagai [anganan khas kota Batu Malang yang dapat dijadikan buah tangan seperti keripik buah, jenang, apel Malang dan lainya.

10.  TANAH LOT
Tanah Lot adalah sebuah objek wisata di Bali, Indonesia. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Tanah Lot terkenal sebagai tempat yang indah untuk melihat matahari terbenam.

Post a Comment for "Laporan Perjalanan KKL"