MATERI MEMBACA 1
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Dunia
pendidikan merupakan hal penting sebagai bekal masa depan. Salah satu hal
terpenting dari kegiatan tersebut adalah proses membaca. Telah diakui bahwa
hampir semua informasi terlahir dari proses kegiatan membaca. Oleh karena itu, berguna
bagi kita untuk melihat proses-proses dalam kegiatan membaca tersebut. Tentunya
pernyataan tersebut tidak terlepas khususnya dari pelaksanaan membaca. Dalam
kegiatan membaca, khususnya membaca dalam ruang lingkup pendidikan, tidak bisa
kita lepaskan dari peran serta guru dalam proses pembelajaran membaca. Inilah
yang akan kita bahas mengenai
pelaksanaan membaca dalam ruang lingkup pendidikan formal. Dalam pelaksanaan
tersebut terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan baik oleh guru maupun oleh
siswanya.bahwa membaca sudah menjadi hal wajib dalam konsumsi kita sehari –hari
khususnya dalam dunia modern seperti saat ini.
B. TUJUAN PENULISAN MAKALAH
1. Mahasiswa calon guru diharapkan
mampu mengetahui bagian awal dari
pelaksanaan pembelajaran mambaca .
2. Mahasiswa calon guru diharapkan
mampu mengetahui bagian inti dari
pelaksanaan pembelajaran mambaca.
3. Mahasiswa calon guru diharapkan
mampu mengetahui bagian akhir dari pelaksanaan pembelajaran membaca.
BAB II
RUMUSAN
MASALAH
Berdasarkan latar belakang tersebut, kami merumuskan masalah yaitu,
bagaimana palaksanaan pembelajaran membaca bagian awal, inti, dan akhir yang
sebaiknya dilakukan?
BAB III
PEMBAHASAN
A.
BAGIAN AWAL PEMBELAJARAN
Bagian awal
pelaksanaan pembelajaran membaca adalah kegiatan prabaca, yang dilaksanakan
sebelum siswa melaksanakan kegiatan membaca. Dalam kegiatan awal ini, guru
mengarahkan perhatian pada pengaktifan skemata siswa yang berhubungan dengan
topik bacaan. Skemata siswa adalah latar belakang pengetahuan dan pengalaman
yang telah diiliki siswa tentang suatu informasi atau konsep tentang sesuatu.
Untuk memulai
pelaksananan pembelajaran membaca, hah-hal yang perlu diperhatikan oleh guru,
antara lain yaitu:
1.
Guru menenangkan suasana kelas agar siswa siap secara
fisik dan psikhis untuk mengikuti pembelajaran membaca dengan menggunakan
bahasa yang komunikatif, jelas, bersahabat, dan akrab
2.
Guru membagikan atau menunjukan teks yang akan
diajarkan
3.
Guru mengemukakan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
4.
Guru mrnggunakan media pembelajaran
5.
Mengaitkan peristiwa yang ada dengan isi materi
pembelajaran
B.
BAGIAN INTI PEMBELAJARAN
Pada bagian inti
dari pelaksanaan pembelajaran membaca dapat dilakukan sebagai berikut:
1.
Siswa disuruh membaca teks dalam hati dengan waktu yang
ditentukan untuk menemukan pikiran pokok setiap paragraf dan pikiran
penjelasnya
2.
Jika dibutuhkan, guru menerangkan kata-kata sulit
3.
Siswa diberi pertanyaan bacaan (buku/ teks ditutup)
4.
Siswa diberi pertanyaan sesuai dengan urutan indikator
yang telah dirumuskan
C.
BAGIAN AKHIR PEMBELAJARAN
Pada bagian akhir
pelaksanaan pembelajaran membaca, dapat dilakukan sebagai berikut:
1.
Guru menyimpulkan persoalan yang dibahas
2.
Guru memberikan kesempatan siswa untuk menanyakan
hal-hal yang belum jelas
3.
Guru memberi pertanyaan siswa yang berhubungan dengan perihal
yang dibahas
4.
Guru menunjukkan sumber yang relevan untuk pekerjaan
rumah
Indikator dan materi
pembelajaran yang telah dirumuskan merupakan hal pokok yang wajib diusahakan
untuk dapat dicapai. Seandainya waktu dan suasananya memungkinkan, dapat ditambahkan
indikator lainnya yang relevan dengan aspek kebahasaan yang disampaikan.
Demikian pula langkah pembelajaran dapat pula bervariasi, sesuai dengan
kreativitas guru yang bersangkutan.
Pelaksanaan pembelajaran membaca pada anak yang mentalnya kurang mengakibatkan
guru harus mampu menyesuaikannya. Pada saat
pelaksanan pembelajaran membaca pada anak yang demikian, guru dapat
menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dan jarang menggunakan alat atau
media pembelajaran.
BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan:
Membaca
pemahaman mencakup tiga langkah pokok, yaitu bagian awal pembelajaran, bagian
inti pembelajaran, dan pelaksanaan
pembelajaran membaca bagian
akhir. Tiga langkah pokok tersebut dirumuskan pada RPP komponen strategi
pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
- Sukirno. 2009. SISTEM Membaca Pemahaman yang Efektif. Purworejo: UMP Press.
- Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi
Aksara.
Post a Comment for "MATERI MEMBACA 1"