Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MATERI MEMBACA 1

BAB I
PENDAHULUAN

A.           LATAR BELAKANG
Dunia pendidikan merupakan hal penting sebagai bekal masa depan. Salah satu hal terpenting dari kegiatan tersebut adalah proses membaca. Telah diakui bahwa hampir semua informasi terlahir dari proses kegiatan membaca. Oleh karena itu, berguna bagi kita untuk melihat proses-proses dalam kegiatan membaca tersebut. Tentunya pernyataan tersebut tidak terlepas khususnya dari pelaksanaan membaca. Dalam kegiatan membaca, khususnya membaca dalam ruang lingkup pendidikan, tidak bisa kita lepaskan dari peran serta guru dalam proses pembelajaran membaca. Inilah yang akan kita bahas mengenai  pelaksanaan membaca dalam ruang lingkup pendidikan formal. Dalam pelaksanaan tersebut terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan baik oleh guru maupun oleh siswanya.bahwa membaca sudah menjadi hal wajib dalam konsumsi kita sehari –hari khususnya dalam dunia modern seperti saat ini.


B. TUJUAN PENULISAN MAKALAH
1.    Mahasiswa calon guru  diharapkan  mampu mengetahui  bagian awal dari pelaksanaan pembelajaran mambaca .
2.    Mahasiswa calon guru diharapkan mampu mengetahui bagian  inti dari pelaksanaan pembelajaran mambaca.
3.    Mahasiswa calon guru diharapkan mampu mengetahui bagian akhir dari pelaksanaan pembelajaran membaca.



BAB II
RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang tersebut, kami merumuskan masalah yaitu, bagaimana palaksanaan pembelajaran membaca bagian awal, inti, dan akhir yang sebaiknya dilakukan?








BAB III
PEMBAHASAN

A.           BAGIAN AWAL PEMBELAJARAN
Bagian awal pelaksanaan pembelajaran membaca adalah kegiatan prabaca, yang dilaksanakan sebelum siswa melaksanakan kegiatan membaca. Dalam kegiatan awal ini, guru mengarahkan perhatian pada pengaktifan skemata siswa yang berhubungan dengan topik bacaan. Skemata siswa adalah latar belakang pengetahuan dan pengalaman yang telah diiliki siswa tentang suatu informasi atau konsep tentang sesuatu.
Untuk memulai pelaksananan pembelajaran membaca, hah-hal yang perlu diperhatikan oleh guru, antara lain yaitu:
1.        Guru menenangkan suasana kelas agar siswa siap secara fisik dan psikhis untuk mengikuti pembelajaran membaca dengan menggunakan bahasa yang komunikatif, jelas, bersahabat, dan akrab
2.        Guru membagikan atau menunjukan teks yang akan diajarkan
3.        Guru mengemukakan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
4.        Guru mrnggunakan media pembelajaran
5.        Mengaitkan peristiwa yang ada dengan isi materi pembelajaran

B.            BAGIAN INTI PEMBELAJARAN
Pada bagian inti dari pelaksanaan pembelajaran membaca dapat dilakukan sebagai berikut:
1.        Siswa disuruh membaca teks dalam hati dengan waktu yang ditentukan untuk menemukan pikiran pokok setiap paragraf dan pikiran penjelasnya
2.        Jika dibutuhkan, guru menerangkan kata-kata sulit
3.        Siswa diberi pertanyaan bacaan (buku/ teks ditutup)
4.        Siswa diberi pertanyaan sesuai dengan urutan indikator yang telah dirumuskan


C.            BAGIAN AKHIR PEMBELAJARAN
Pada bagian akhir pelaksanaan pembelajaran membaca, dapat dilakukan sebagai berikut:
1.      Guru menyimpulkan persoalan yang dibahas
2.      Guru memberikan kesempatan siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas
3.      Guru memberi pertanyaan siswa yang berhubungan dengan perihal yang dibahas
4.      Guru menunjukkan sumber yang relevan untuk pekerjaan rumah

Indikator dan materi pembelajaran yang telah dirumuskan merupakan hal pokok yang wajib diusahakan untuk dapat dicapai. Seandainya waktu dan suasananya memungkinkan, dapat ditambahkan indikator lainnya yang relevan dengan aspek kebahasaan yang disampaikan. Demikian pula langkah pembelajaran dapat pula bervariasi, sesuai dengan kreativitas guru yang bersangkutan.
Pelaksanaan pembelajaran membaca pada anak yang mentalnya kurang mengakibatkan guru harus mampu menyesuaikannya. Pada saat  pelaksanan pembelajaran membaca pada anak yang demikian, guru dapat menggunakan metode ceramah dan tanya jawab dan jarang menggunakan alat atau media pembelajaran.




BAB IV
PENUTUP

Kesimpulan:
      Membaca pemahaman mencakup tiga langkah pokok, yaitu bagian awal pembelajaran, bagian inti pembelajaran, dan pelaksanaan pembelajaran membaca bagian akhir. Tiga langkah pokok tersebut dirumuskan pada RPP komponen strategi pembelajaran.




DAFTAR PUSTAKA


  1. Sukirno. 2009. SISTEM Membaca Pemahaman yang Efektif. Purworejo: UMP Press.

  1. Rahim, Farida. 2005. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.



Post a Comment for "MATERI MEMBACA 1"