Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LAPORAN KEGIATAN PCM DI KELOMPOK BERMAIN AISIYAH

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Pembelajaran adalah suatu kegiatan menstranformasikan ilmu oleh seorang pendidik kepada peserta didik yang dilakukan disetiap jenjang mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA. Setiap jenjang pendidikan tentunya berbeda tata cara ataupun metode yang akan dipakai. bisa dikatakan berbeda karena dipengaruhi oleh faktor umur dan faktor psikologis peserta didik yang berbeda- beda.

Muhammadiyah merupakan salah satu oganisasi islam yang amar ma’ruf nahi munkar yang juga bergerak dalam bidang pendidikan. Amalan usaha muhammadiyah dalam bidang pendidikan yaitu mendirikan sekolah-sekolah umum yang didalamnya memasukkan ilmu-ilmun keagamaan. Perluasan dan perkembangan muhammadiyah ke seluruh penjuru tanah air berupa berdirimnya PWM di tiap-tiap propinsi, PDM di setiap kabupaten atau kota, PCM dan ranting yang bertebaran dimana-mana.
Dalam perkembangannya Muhammadiyah melaksanakan perluasan amal usaha muhammadiyah, yang meliputi berbagai bidang kehidupan antara lain majelis, lembaga dan ortonom. salah satu amal usaha muhammadiyah yaitu ortonom salah satunya Aisyiyah.
      Dalam perkembangannya Aisyiyah membentuk salah satu bidang pendidikan yaitu Kelompok Bermain. Maka dari itu kelompok kami ingin lebih mengenal tentang salah satu ortonom muhammadiyah, segingga kami melakukan kunjungan atau observasi ke Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen, yang berlokasi di Jl Jogja Km 13, Krendetan, Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.



B.   DASAR KEGIATAN
Dasar diadakan kegiatan ini adalah tugas Mata Kuliah AIK-6 yang diampu oleh dosen Ibu Tri Ermayani, M. Ag.

C.    MANFAAT DAN TUJUAN
Kegiatan  yang kami lakukan adalah kegiatan kurikuler mahasiswa program S1 tingkat Semester VI, yang dilaksanakan di luar kampus pada waktu tertentu, yang mencakup kegiatan pendidikan, pengabdian pada lembaga yang berada dibawah naungan  Muhammadiyah  yang tersurat  dalam Surat No 23/LP3K-UMP/II/2013 Peguruan Tinggi Muhammadiyah, yang dilaksanakan secara interdisipliner dan lintas sektoral.

1.      Tujuan umum
Secara umum kegitan  memiliki tujuan, yakni :
a.       Mahasiswa memperoleh pengalaman belajar yang berharga melalui keterlibatannya dalam lembaga –lembaga dibawah naungan Muhammadiyah
b.      Mahasiswa dapat memberikan pemikiran berdasarkan ilmu pengetahuan.
c.       Meningkatkan hubungan antar perguruan tinggi dengan lembaga daerah, instansi teknis, dibawah Naungan Muhammadiyah  sehingga perguruan tinggi dapat lebih berperan dan mampu menyesuaikan kegiatan pendidikan.

2.      Tujuan Khusus
            Melalui kegitan yang merupakan salah satu bentuk suatu  pelaksanaan, Universitas Muhammadiyah Purworejo dapat menghasilkan sarjana yang terampil dan peka dalam mewujudkan cita-cita tujuan serta berakhlakul karimah, sesuai dengan visi dan misi Universitas Muhammadiyah Purworejo demi mendukung perjuangan bangsa yang tercantum di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

3.      Manfaat Kegiatan
Kegiatan  mempunyai tiga kelompok sasaran yaitu mahasiswa, Lembaga yang dituju, perguruan tinggi. Dari setiap sasaran yang dituju, terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh dfalam kegiatan ini, antara lain adalah:

a.      Mahasiswa
1)         Memperdalam pengertian tentang cara berpikir dan bekerja secara interdisipliner sehingga dapat menghayati adanya keterkaitan dan ketergantungan antar sektor serta memahami akan perlunya kerja sama antar sektor.
2)            Memperdalam pengertian dan penghayatan terhadap manfaat ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dipelajari.
3)         Memperdalam penghayatan dan pengertian terhadap kesulitan yang dihadapi setiap lembaga dibawah naungan Muhammadiyah.
4)         Memperdalam pengertian dan penghayatan terhadap seluk - beluk keseluruhan masalah pendidikan anak terutama anak Balita Usia sekolah PAUD.
5)         Mendewasakan cara berpikir dan meningkatkan daya nalar mahasiswa dalam menelaah, merumuskan, dan memecahkan masalah secara pragmatis.
6)         Memberikan keterampilan kepada mahasiswa untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan masyarakat berdasarkan ilmu, teknologi, dan seni secara interdisipliner dan antarsektor.
7)         Membina mahasiswa menjadi motivator, dinamisator, dan fasilitator.
8)         Memberikan pengalaman belajar dan bekerja sebagai kader pembangunan sehingga terbentuk sikap dan rasa optimistis terhadap kemajuan, karena melalui pengalaman kerja dalam penelaahan, pemecahan secara langsung akan lebih menumbuhkan sikap profesionalisme dalam diri mahasiswa dalam arti menigkatkan keahlian, tanggung jawab, ataupun rasa kesejawatan.
9)         Mampu memberikan mahasiswa pengetahuan tentang tata cara mengajar, dan menghadapi anak yang masih dalam usia dini.
10)     Mampu memberikan kata sabar dalam menghadapi anak yang dalam pemikiran yang masih labil.

b.      Lembaga Pendidikan   Setempat.
1)         Memperoleh bantuan pemikiran dan tenaga, ilmu, teknologi, dan  seni dalam merencanakan dan melaksanakan pembaruan.
2)         Memperoleh cara-cara baru yang dibutuhkan untuk merencanakan, merumuskan, dan melaksanakan pembangunan.
3)         Memperoleh pengalaman dalam menggali dan menumbuhkan potensi peserta didik
4)         Memperoleh bantuan pembentukan kader-kader pengurus pembangunan di dalam masyarakat sehingga kelanjutan pembangunan dapat terjamin.
5)         Memperoleh pengalaman bagaimana tata cara pengajaran pada masa sekarang.
6)         Memperoleh pengalaman bagaimana hubungan dengan para generasi muda calon pendidik.

c.       Perguruan Tinggi
1)         Memperoleh umpan balik sebagai hasil pengintegrasian mahasiswa sehingga kurikulum, materi perkuliahan, dan pengembangan ilmu yang dibina di perguruan tinggi dapat lebih disesuaikan dengan  tuntunan nyata dan pembangunan.
2)         Memperoleh berbagai pembelajran yang berharga yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan materi perkuliahan.
3)         Meningkatkan, memperluas, dan mempererat kerja sama dengan instansi lembaga yang sama – sama bernaung dibawah naungan Muhammadiyah melalui rintisan kerja sama mahasiswa peserta Pra PPL. 

D.      Sasaran Kegiatan
Sasaran dalam kegiatan ini adalah seluruh peserta didik Kelompok Bermain Aisyiyah Desa Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo baik laki-laki maupun perempuan.

















BAB II
GAMBARAN KB AISIYAH BAGELEN

A.      Letak KB Aisyiyah Bagelen
Desa Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo Propinsi Jawa Tengah. Tepatnya di Jalan Jogja KM 13 Bagelen 54174.

B.       Identitas Sekolah dan Visi, Misi  Sekolah.
Nama                                            : Kelompok Bermain Aisyiyah.
Propinsi                                        : Jawa Tengah
Otonomi                                       : Daerah
Kecamatan                                   : Bagelen
Desa / Kelurahan                          : Bagelen
Jalan dan Nomor                          : Jalan Jogja KM 13 Bagelen
Kode Post                                    : 54174
Daerah                                          : Perkotaan
Status Sekolah                             : Swasta
Akreditasi                                    : B
Surat Keputusan / SK                  :  Nomor 421.1/504/2007
Kegiatan Belajar Mengajar : Pagi
Bangunan Sekolah   : Milik Sendiri

Visi Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen
Terwujudnya anak usia dini yag cerdas, kreatif, sehat jasmani dan berakhlak mulia, sehingga kelak memasuki pendidikan dasar.

Misi Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen
1.      Mengupayakan perluasan dan pemerataan pendidikan, kesehatan dan gizi bagi anak usia dini agar tumbuh dan berkembang secara optimal.
2.      Mengupayakan peningkatan kemampuan, keterampilan dan kesadaran masyarakat atau orang tua dalam memberikan pelayanan pendidikan anak usia dini.
3.      Mempersiapkan anak sedini mungkin agar kelak siap mengikuti pendidikan selanjutnya.
4.      Menggunakan standar operasional yang baku dan proses pembelajaran yang meliputi:
a.       Pendidikan menata lingkungan main sebagai pijakan lingkungan yang mendukung perkembangan anak.
b.      Ada pendidik yang bertugas menyambut kedatangan anak dan mempersilahkan anak untuk bermain bebas terlebih dahulu.
c.       Semua anak mengikuti permainan pembukaan dengan bimbingan pendidik.
d.      Pendidik member waktu kepada anak untuk ke kamar kecil dan minum secara bergiliran dengan pembiasaan antri.
e.       Anak-anak masuk ke kelompok masing-masing dengan dibimbing oleh pendidik.
f.       Pendidik duduk bersama dengan anak didik membentuk lingkaran untuk member ajakan pengalamann sebelum dan sesudah bermain.
g.      Pendidik member waktu yang cukup kepada anak untuk melakukan kegiatan di sentra main yang disiapkan sesuai jadwal hari itu.
h.      Selama anak di sentra, secara bergilir pendidik memberi pijakan kepada setiap anak.
i.        Pendidik bersama anak-anak membereskan peralatan dan tempat main.
j.        Pendidik duduk bersama anak didik untuk makan bersama (tidak dalam posisi istirahat).
k.      Kegiatan penutup.
l.        Anak-anak pulang secara bergiliran.
m.    Pendidik membereskan tempat dan merapikan/mengecek catatan dan kelengkapan administrasi.
n.      Pendidik melakukan diskusi evaluasi hari ini dan rencana esok hari.
o.      Pendidik pulang.
5.      Mempersyaratkan pendidik dan pengelola program mengikuti pelatihan sebelum menerapkan metode ini.
6.      Melibatkan orang tua dan keluarga sebagai satu kesatuan proses pembelajaran untuk mendukung kegiatan anak di rumah.

C.      Data Kepegawaian Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen.
Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen.
Dalam menyelenggarakan program pendidikan kelompok bermain, pimpinan cabang aisyiyah memiliki kemampuan dan potensi, karena setidaknya sudah memenuhi syarat penyelenggaraan, antara lain:
1.             Memiliki tempat yang layak untuk menyelenggarakan kegiatan belajar, tempat belajar dan halaman cukup luas, dengan status hak pakai penuh dalam proses hukum
2.             Memiliki tujuh tenaga pendidik yang memenuhi kualifikasi:
a.         Ijazah S1         : 2 pendidik
Ijazah S2         : 2 pendidik
Ijazah SMA     : 3 pendidik
No
Nama
Tempat Tangal Lahir
Ijazah Trkhir
1
Sri Wuntat Mawati, S.Sos
Purworejo, 19 Maret 1996
S1
2
Sofiana Hikmah, A.Ma
Purworejo, 22 Juni 1971
D2
3
Sri Purwanti
Yogya, 19 Agustus 1963
SMA
4
Siti Kokhmatul F, A.Ma.Pd
Puworejo, 13 Desember 1979
D2
5
Ulfah Hidayati, s.pd
Yogya, 13 November 1975
S1
6
Lestari Setyowati
Purworejo 22 Agustus 1971
SMA
7
Fitkha Maiayana Rahayu
Yogya, 15 Mei 1985
SMA

b.         Pendidik sudah mendapat pelatihan PAUD dan ikut magang satu bulan.
c.         8 pendidik diangkat secara sah oleh pengelola kelompok bermain.
3.             Sumber dana yang diperoleh dari:
a.         Wali murid
b.         Donatur
c.         Usaha pengurus
4.             Memiliki 10 tim ahli:
a.         Ahli Agama 2 orang
b.         Ahli Pendidikan 1 orang
c.         Ahli Kesehatan Gigi 1 orang
d.         Ahli Kesehatan Umum 1 orang
e.         Ahli Pendidikan Luar Sekolah 1 orang
f.          Ahli Psikologi Perkembangan 1 orang
g.         Ahli Metode Pembelajaran Riset Aksi 1 orang

D.      Peserta didik yang dibelajarkan.
Organisasi Aisyiyah Bagelen melalukan pembelajaran pendidikan anak usia dini, dengan cara pembegian pembelajaran dilakukan sesuai tingkatan umur, dari tingkatan umur tersebut dibagi menjadi 3 kelas, yaitu:
1.             Kelas Surya
Dalam kelas Surya ini yaitu anak didik yang berusia 2-3 tahun.
2.             Kelas Mentari 1
Dalam kelas Mentari 1 yaitu anak didik yang berusia 4-5 tahun.
3.             Kelas Mentari 2
Dalam kelas Mentari 2 yaitu anak didik yang berusia 6 tahun.

E.       Tempat dan materi pembelajaran.
1.             Tempat : Jalan Jogja KM. 13 Krendetan, Bagelen, Purworejo
2.             Hari belajar: Empat hari berturut-turut dalam seminggu : senin, selasa, rabu dan kamis
3.             Jam belajar:
a.         07:15-07:30 Pra pembelajaran dengan belajar iqro’.
b.         07:30-07:40 Berbaris di depan pintu KBM.
c.         07:40-08:00 Pembukaan (do’a pembuka dan nasyid).
d.        08:00-09:00 Pembelajaran inti (mata pelajaran).
e.         09:00-09:30 Istirahat.
f.          09:25-09:30 Cuci tangan dan kaki
g.         09:30-10:00
1)            Cuci tangan dan kaki.
2)            Recalling.
3)            Do’a penutup.




















BAB III
LAPORAN KEGIATAN

A.    Pelaksanaan kegiatan
Kegitan ini dinamakan “Bermain dan Belajar Bersama Anak- anak Kelompok Bermain Aisyiyah”. Diselenggarakan sebagai implementasi pelaksanaan tugas Mata Kuliah AIK-6. Adapun acara dan kegiatan ini meliputi :

1.             Jenis  Kegiatan.
kegiatan yang akan kami laksanakan pada bulan maret 2013 yaitu :
a.         Silaturahmi
Tujuan utama kami datang ke Kelompok Bermain Aisyiyah yaitu untuk menjalin silaturahmi agar hubungan antar umat islam khususnya keluarga muhammadiyah tetap terjaga dengan baik.
b.        Observasi.
Selanjutnya kami melakukan observasi dan ijin pembuatan program kerja kepada Kepala Kelompok Bermain Aisyiyah.
c.         Kegiatan Mewarnai dengan Tema Rumah Sakit.
Kegitan ini diharapkan agar peserta didik dapat mempunyai ketrampilan, dan kesabaran dalam mewarnai gambar. Serta diharapkan peserta didik mampu mengenal berbagai hal tentang rumah sakit dengan menyesuaikan berbagai warna yang telah mereka ketahui.
Dalam kegiatan ini diadakan pada pembelajaran inti dengan peserta dua kelas yaitu Mentari 1 dan Mentari 2.
d.        Hafalan Doa Harian
Pada kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat melafalkan doa sehari- hari antara lain : doa sebelum makan,doa sesudah makan,doa sebelum tidur, doa akan bepergian.
e.         Memindahkan Bendera Sesuai Warna
Dalam memindahkan bendera sesuai warna ini diutamakan untuk kelas surya, karena untuk mengenalkan warna pada peserta didik dengan usia 2-3 tahun. dimana pada kegiatan ini mengutamakan kecepatan dan ketrampilan peserta didik serta ketepatan untuk memasangkan bendera sesuia dengan warna yang telah ditentukan.
Pada kegiatan ini menggunakan tiga warna dasar yaitu merah, kuning, dan hijau.
f.          Mencetak Pasir
Kegiatan bermain pasir  yaitu kegiatan mencetak pasir dengan cetakan dengan tujuan agar peserta didik mampu mempunyai kreatifitas, kerapian, kemandirian, serta dapat menyesuaikan dengan tema yang telah ditentukan.
g.         Mengecap Warna Dengan Menggunakan Bahan Alam.
Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas pada peserta didik, kerapian/kebersihan, leindahan serta kemandirian dalam mengecap.

2.             Waktu dan Tempat Kegiatan.
a.          Observasi
Waktu                         : 07.30 WIB- selesai
Hari dan Tanggal        : Rabu dan Kamis 27-28 Maret  2013
Tempat                        : Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen.

b.         Kegiatan Mewarnai Kartun dengan tema Rumah Sakit.
Waktu                         : 08.00 - 09.00 WIB
Hari dan Tanggal        : Selasa 2 April  2013
Tempat                        : Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen.

c.       Hafalan doa harian
Waktu                                   : 08.00 - 09.00 WIB
Hari dan Tanggal        : Selasa 9 April  2013
Tempat                        : Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen.

d.      Memindahkan bendera sesua warna, Mencetak pasir dan Mengecap warna dengan menggunakan bahan alam.
Waktu             : 08.00 – 09:00 WIB
Tanggal           : 16 April  2013
Tempat            : Kelompok Bermain Aisiyah Bagelen.
e.       Penutup (perpisahan)
Waktu             : 08.00 – 10.100
Tanggal           : 23 April 2013

Tempat            : Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen

  Jadwal  Program Kerja.
Hari/ Tanggal
Waktu
Kegiatan
Selasa, 2 April 2013
07.30-08.00 WIB
Pra pembelajaran (belajar membaca iqro’)
Berbaris
Pembukaan (do’a dan nasyid)
08.00-09.00 WIB
Mewarnai gambar dengan tema rumah sakit
09.00-09.30 WIB
Istirahat cuci tangan dan kaki
09.30-10.00 WIB
Makan dan minum
Recalling
Do’a penutup

Selasa, 16April 2013
07.30-08.00 WIB
Pra pembelajaran (belajar membaca iqro’)
Berbaris
Pembukaan (do’a dan nasyid)

08.00-09.30 WIB
Memindahkan bendera sesuai warna, Mencetak pasir dan Mengecap warna dengan menggunakan bahan alam

09.30 -10.00 WIB
Istirahat cuci tangan dan kaki

10.00 WIB - Selesai
Makan dan minum
Recalling
Do’a penutup

A.    Anggaran dana kegiatan
I.       Pengeluaran
a.    Kegiatan
1)        Pengadaan kertas gambar untuk mewarnai                  : Rp 13.000,-
2)        Peralatan mencetak pasir                                              : Rp 18.000,-
3)        Perlengkapan mengecap dengan baha alam                 : Rp   5.000,-
4)        Peralatan memasang bendera sesuai warna                  : Rp 12.300,-
+
                                                                                           Rp 48.300,-

b.    Kenang-kenangan
1)         Iqro’ 10  x @12.000,-                                                  : Rp 120.000,-
2)         Mainan                                                                        : Rp   51.000,-
+
Rp 171.000,-

c.    Konsumsi
1)         Snack  50 x @ 3000,-                                                  : Rp 150.000,-
2)         Nasi kuning 50 x @2500,-                                          : RP 125.000,-
+
Rp 175.000,-

Jumlah pengeluaran                                                               : Rp 394.300,-


II.       Pemasukan
a.              Mahasiswa  5 x @ Rp 100.000                                       Rp     500.000


Sisa uang                                                                                : Rp 105.700,-








BAB IV
PENUTUP

A.      Simpulan
Dari kunjungan ke Kelompok Bermain Aisyiyah kami merasa mendapat pengalaman tentang pendidikan anak usia dini, dan tata cara pembelajarannya. bagaimana kurikulum yang dijalankan dalam pendidikan anak usia dini, serta cara Kelompok Bermain Aisyiyah menerapkan pendidikan yang berbasis keagamaan.
 Kegiatan ini mendapat respon positif dari berbagai pihak yang bersangkutan, khususnya pihak Kelompok Bermain Aisyiyah. Hampir 80% sasaran kegiatan hadir sesuai dengan target yang diharapkan.
 Kegiatan ini juga dapat berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini ditunjukkan oleh waktu pelaksanaan kegiatan yang relatif tepat dan tidak adanya kendala yang mengganggu berjalannya kegiatan ini.

B.       Saran
   Kami selaku panitia pelaksana memiliki beberapa saran yang diharapkan dapat menjadi perbaikan untuk kegiatan sejenis di kemudian hari, di antaranya :
1.   Dalam hal persiapan diharapkan lebih matang agar program dapat berjalan lebih tepat waktu dan jauh lebih baik.
2.   Kegiatan lebih dikoordinasikan dengan pihak-pihak yang terkait agar target yang ingin dicapai lebih meningkat.
3.   Bagi pihak-pihak yang ingin mengadakan kegiatan serupa, diharapkan menjadi panitia pelaksana yang cekatan dan terampil, terlebih jika ditemukan beberapa masalah yang tidak terduga.

Post a Comment for "LAPORAN KEGIATAN PCM DI KELOMPOK BERMAIN AISIYAH"