LAPORAN KEGIATAN PCM DI KELOMPOK BERMAIN AISIYAH
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG
Pembelajaran adalah suatu kegiatan
menstranformasikan ilmu oleh seorang pendidik kepada peserta didik yang
dilakukan disetiap jenjang mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA. Setiap jenjang
pendidikan tentunya berbeda tata cara ataupun metode yang akan dipakai. bisa
dikatakan berbeda karena dipengaruhi oleh faktor umur dan faktor psikologis
peserta didik yang berbeda- beda.
Muhammadiyah merupakan salah satu
oganisasi islam yang amar ma’ruf nahi munkar yang juga bergerak dalam bidang
pendidikan. Amalan usaha muhammadiyah dalam bidang pendidikan yaitu mendirikan
sekolah-sekolah umum yang didalamnya memasukkan ilmu-ilmun keagamaan. Perluasan
dan perkembangan muhammadiyah ke seluruh penjuru tanah air berupa berdirimnya
PWM di tiap-tiap propinsi, PDM di setiap kabupaten atau kota, PCM dan ranting
yang bertebaran dimana-mana.
Dalam perkembangannya Muhammadiyah
melaksanakan perluasan amal usaha muhammadiyah, yang meliputi berbagai bidang
kehidupan antara lain majelis, lembaga dan ortonom. salah satu amal usaha
muhammadiyah yaitu ortonom salah satunya Aisyiyah.
Dalam
perkembangannya Aisyiyah membentuk salah satu bidang pendidikan yaitu Kelompok
Bermain. Maka dari itu kelompok kami ingin lebih mengenal tentang salah satu
ortonom muhammadiyah, segingga kami melakukan kunjungan atau observasi ke
Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen, yang berlokasi di Jl Jogja Km 13, Krendetan,
Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo.
B.
DASAR KEGIATAN
Dasar
diadakan kegiatan ini adalah tugas Mata Kuliah
AIK-6 yang diampu oleh
dosen Ibu Tri Ermayani, M. Ag.
C.
MANFAAT
DAN TUJUAN
Kegiatan yang kami lakukan adalah kegiatan kurikuler
mahasiswa program S1 tingkat Semester VI, yang dilaksanakan di luar kampus pada
waktu tertentu, yang mencakup kegiatan pendidikan, pengabdian pada lembaga yang
berada dibawah naungan Muhammadiyah yang tersurat
dalam Surat No 23/LP3K-UMP/II/2013 Peguruan Tinggi Muhammadiyah, yang
dilaksanakan secara interdisipliner dan lintas sektoral.
1.
Tujuan umum
Secara umum kegitan memiliki tujuan, yakni :
a.
Mahasiswa memperoleh pengalaman
belajar yang berharga melalui keterlibatannya dalam lembaga –lembaga dibawah
naungan Muhammadiyah
b.
Mahasiswa dapat memberikan
pemikiran berdasarkan ilmu pengetahuan.
c.
Meningkatkan hubungan antar
perguruan tinggi dengan lembaga daerah, instansi teknis, dibawah Naungan
Muhammadiyah sehingga perguruan tinggi
dapat lebih berperan dan mampu menyesuaikan kegiatan pendidikan.
2.
Tujuan Khusus
Melalui
kegitan yang merupakan salah satu bentuk suatu
pelaksanaan, Universitas Muhammadiyah Purworejo dapat menghasilkan
sarjana yang terampil dan peka dalam mewujudkan cita-cita tujuan serta
berakhlakul karimah, sesuai dengan visi dan misi Universitas Muhammadiyah
Purworejo demi mendukung perjuangan bangsa yang tercantum di dalam pembukaan Undang-Undang
Dasar 1945.
3.
Manfaat Kegiatan
Kegiatan mempunyai tiga kelompok sasaran yaitu
mahasiswa, Lembaga yang dituju, perguruan tinggi. Dari setiap sasaran yang
dituju, terdapat beberapa manfaat yang bisa diperoleh dfalam kegiatan ini,
antara lain adalah:
a.
Mahasiswa
1)
Memperdalam pengertian
tentang cara berpikir dan bekerja secara interdisipliner sehingga dapat
menghayati adanya keterkaitan dan ketergantungan antar sektor serta memahami
akan perlunya kerja sama antar sektor.
2)
Memperdalam pengertian dan penghayatan
terhadap manfaat ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dipelajari.
3)
Memperdalam penghayatan
dan pengertian terhadap kesulitan yang dihadapi setiap lembaga dibawah naungan
Muhammadiyah.
4)
Memperdalam pengertian
dan penghayatan terhadap seluk - beluk keseluruhan masalah pendidikan anak
terutama anak Balita Usia sekolah PAUD.
5)
Mendewasakan cara
berpikir dan meningkatkan daya nalar mahasiswa dalam menelaah, merumuskan, dan
memecahkan masalah secara pragmatis.
6)
Memberikan keterampilan
kepada mahasiswa untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan masyarakat
berdasarkan ilmu, teknologi, dan seni secara interdisipliner dan antarsektor.
7)
Membina mahasiswa
menjadi motivator, dinamisator, dan fasilitator.
8)
Memberikan pengalaman
belajar dan bekerja sebagai kader pembangunan sehingga terbentuk sikap dan rasa
optimistis terhadap kemajuan, karena melalui pengalaman kerja dalam penelaahan,
pemecahan secara langsung akan lebih menumbuhkan sikap profesionalisme dalam
diri mahasiswa dalam arti menigkatkan keahlian, tanggung jawab, ataupun rasa
kesejawatan.
9)
Mampu memberikan
mahasiswa pengetahuan tentang tata cara mengajar, dan menghadapi anak yang
masih dalam usia dini.
10) Mampu
memberikan kata sabar dalam menghadapi anak yang dalam pemikiran yang masih
labil.
b.
Lembaga
Pendidikan Setempat.
1)
Memperoleh bantuan pemikiran
dan tenaga, ilmu, teknologi, dan seni
dalam merencanakan dan melaksanakan pembaruan.
2)
Memperoleh cara-cara baru yang
dibutuhkan untuk merencanakan, merumuskan, dan melaksanakan pembangunan.
3)
Memperoleh
pengalaman dalam menggali dan menumbuhkan potensi peserta didik
4)
Memperoleh
bantuan pembentukan kader-kader pengurus pembangunan di dalam masyarakat
sehingga kelanjutan pembangunan dapat terjamin.
5)
Memperoleh
pengalaman bagaimana tata cara pengajaran pada masa sekarang.
6)
Memperoleh
pengalaman bagaimana hubungan dengan para generasi muda calon pendidik.
c.
Perguruan
Tinggi
1)
Memperoleh umpan balik sebagai
hasil pengintegrasian mahasiswa sehingga kurikulum, materi perkuliahan, dan
pengembangan ilmu yang dibina di perguruan tinggi dapat lebih disesuaikan
dengan tuntunan nyata dan pembangunan.
2)
Memperoleh berbagai pembelajran
yang berharga yang dapat digunakan sebagai contoh dalam memberikan materi
perkuliahan.
3)
Meningkatkan, memperluas, dan
mempererat kerja sama dengan instansi lembaga yang sama – sama bernaung dibawah
naungan Muhammadiyah melalui rintisan kerja sama mahasiswa peserta Pra
PPL.
D.
Sasaran
Kegiatan
Sasaran
dalam kegiatan ini adalah
seluruh peserta didik Kelompok
Bermain Aisyiyah Desa Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo
baik laki-laki maupun perempuan.
BAB
II
GAMBARAN
KB AISIYAH BAGELEN
A.
Letak KB Aisyiyah Bagelen
Desa
Krendetan Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo Propinsi Jawa Tengah. Tepatnya
di Jalan Jogja KM 13 Bagelen 54174.
B.
Identitas Sekolah dan Visi, Misi
Sekolah.
Nama :
Kelompok Bermain Aisyiyah.
Propinsi :
Jawa Tengah
Otonomi :
Daerah
Kecamatan :
Bagelen
Desa / Kelurahan :
Bagelen
Jalan dan Nomor :
Jalan Jogja KM 13 Bagelen
Kode Post :
54174
Daerah :
Perkotaan
Status Sekolah : Swasta
Akreditasi :
B
Surat Keputusan / SK : Nomor 421.1/504/2007
Kegiatan Belajar
Mengajar : Pagi
Bangunan Sekolah : Milik Sendiri
Visi Kelompok Bermain
Aisyiyah Bagelen
Terwujudnya anak
usia dini yag cerdas, kreatif, sehat jasmani dan berakhlak mulia, sehingga
kelak memasuki pendidikan dasar.
Misi Kelompok Bermain
Aisyiyah Bagelen
1.
Mengupayakan
perluasan dan pemerataan pendidikan, kesehatan dan gizi bagi anak usia dini
agar tumbuh dan berkembang secara optimal.
2.
Mengupayakan
peningkatan kemampuan, keterampilan dan kesadaran masyarakat atau orang tua
dalam memberikan pelayanan pendidikan anak usia dini.
3.
Mempersiapkan
anak sedini mungkin agar kelak siap mengikuti pendidikan selanjutnya.
4.
Menggunakan
standar operasional yang baku dan proses pembelajaran yang meliputi:
a.
Pendidikan
menata lingkungan main sebagai pijakan lingkungan yang mendukung perkembangan
anak.
b.
Ada
pendidik yang bertugas menyambut kedatangan anak dan mempersilahkan anak untuk
bermain bebas terlebih dahulu.
c.
Semua
anak mengikuti permainan pembukaan dengan bimbingan pendidik.
d.
Pendidik
member waktu kepada anak untuk ke kamar kecil dan minum secara bergiliran
dengan pembiasaan antri.
e.
Anak-anak
masuk ke kelompok masing-masing dengan dibimbing oleh pendidik.
f.
Pendidik
duduk bersama dengan anak didik membentuk lingkaran untuk member ajakan
pengalamann sebelum dan sesudah bermain.
g.
Pendidik
member waktu yang cukup kepada anak untuk melakukan kegiatan di sentra main
yang disiapkan sesuai jadwal hari itu.
h.
Selama
anak di sentra, secara bergilir pendidik memberi pijakan kepada setiap anak.
i.
Pendidik
bersama anak-anak membereskan peralatan dan tempat main.
j.
Pendidik
duduk bersama anak didik untuk makan bersama (tidak dalam posisi istirahat).
k.
Kegiatan
penutup.
l.
Anak-anak
pulang secara bergiliran.
m.
Pendidik
membereskan tempat dan merapikan/mengecek catatan dan kelengkapan administrasi.
n.
Pendidik
melakukan diskusi evaluasi hari ini dan rencana esok hari.
o.
Pendidik
pulang.
5.
Mempersyaratkan
pendidik dan pengelola program mengikuti pelatihan sebelum menerapkan metode
ini.
6.
Melibatkan
orang tua dan keluarga sebagai satu kesatuan proses pembelajaran untuk
mendukung kegiatan anak di rumah.
C.
Data Kepegawaian Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen.
Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen.
Dalam
menyelenggarakan program pendidikan kelompok bermain, pimpinan cabang aisyiyah
memiliki kemampuan dan potensi, karena setidaknya sudah memenuhi syarat
penyelenggaraan, antara lain:
1.
Memiliki
tempat yang layak untuk menyelenggarakan kegiatan belajar, tempat belajar dan
halaman cukup luas, dengan status hak pakai penuh dalam proses hukum
2.
Memiliki
tujuh tenaga pendidik yang memenuhi kualifikasi:
a.
Ijazah
S1 : 2 pendidik
Ijazah S2 :
2 pendidik
Ijazah SMA : 3 pendidik
No
|
Nama
|
Tempat Tangal Lahir
|
Ijazah Trkhir
|
1
|
Sri Wuntat
Mawati, S.Sos
|
Purworejo, 19
Maret 1996
|
S1
|
2
|
Sofiana Hikmah,
A.Ma
|
Purworejo, 22
Juni 1971
|
D2
|
3
|
Sri Purwanti
|
Yogya, 19
Agustus 1963
|
SMA
|
4
|
Siti Kokhmatul
F, A.Ma.Pd
|
Puworejo, 13
Desember 1979
|
D2
|
5
|
Ulfah Hidayati,
s.pd
|
Yogya, 13
November 1975
|
S1
|
6
|
Lestari Setyowati
|
Purworejo 22
Agustus 1971
|
SMA
|
7
|
Fitkha Maiayana
Rahayu
|
Yogya, 15 Mei
1985
|
SMA
|
b.
Pendidik
sudah mendapat pelatihan PAUD dan ikut magang satu bulan.
c.
8
pendidik diangkat secara sah oleh pengelola kelompok bermain.
3.
Sumber
dana yang diperoleh dari:
a.
Wali
murid
b.
Donatur
c.
Usaha
pengurus
4.
Memiliki
10 tim ahli:
a.
Ahli
Agama 2 orang
b.
Ahli
Pendidikan 1 orang
c.
Ahli
Kesehatan Gigi 1 orang
d.
Ahli
Kesehatan Umum 1 orang
e.
Ahli
Pendidikan Luar Sekolah 1 orang
f.
Ahli
Psikologi Perkembangan 1 orang
g.
Ahli
Metode Pembelajaran Riset Aksi 1 orang
D.
Peserta didik yang dibelajarkan.
Organisasi
Aisyiyah Bagelen melalukan pembelajaran pendidikan anak usia dini, dengan cara
pembegian pembelajaran dilakukan sesuai tingkatan umur, dari tingkatan umur
tersebut dibagi menjadi 3 kelas, yaitu:
1.
Kelas
Surya
Dalam kelas
Surya ini yaitu anak didik yang berusia 2-3 tahun.
2.
Kelas
Mentari 1
Dalam kelas Mentari 1
yaitu anak didik yang berusia 4-5 tahun.
3.
Kelas
Mentari 2
Dalam kelas Mentari 2
yaitu anak didik yang berusia 6 tahun.
E.
Tempat dan materi pembelajaran.
1.
Tempat
: Jalan Jogja KM. 13 Krendetan, Bagelen, Purworejo
2.
Hari
belajar: Empat hari berturut-turut dalam seminggu : senin, selasa, rabu dan
kamis
3.
Jam
belajar:
a.
07:15-07:30 Pra
pembelajaran dengan belajar iqro’.
b.
07:30-07:40 Berbaris di
depan pintu KBM.
c.
07:40-08:00 Pembukaan
(do’a pembuka dan nasyid).
d.
08:00-09:00
Pembelajaran inti (mata pelajaran).
e.
09:00-09:30 Istirahat.
f.
09:25-09:30 Cuci tangan
dan kaki
g.
09:30-10:00
1)
Cuci tangan dan kaki.
2)
Recalling.
3)
Do’a penutup.
BAB III
LAPORAN KEGIATAN
A.
Pelaksanaan
kegiatan
Kegitan ini dinamakan “Bermain dan Belajar Bersama Anak- anak Kelompok
Bermain Aisyiyah”. Diselenggarakan sebagai implementasi
pelaksanaan tugas Mata Kuliah AIK-6. Adapun acara dan kegiatan
ini meliputi :
1.
Jenis Kegiatan.
kegiatan
yang akan kami laksanakan pada bulan maret 2013 yaitu :
a.
Silaturahmi
Tujuan
utama kami datang ke Kelompok Bermain Aisyiyah yaitu untuk menjalin silaturahmi
agar hubungan antar umat islam khususnya keluarga muhammadiyah tetap terjaga dengan
baik.
b.
Observasi.
Selanjutnya
kami melakukan observasi dan ijin pembuatan program kerja kepada Kepala
Kelompok Bermain Aisyiyah.
c.
Kegiatan
Mewarnai dengan Tema Rumah Sakit.
Kegitan
ini diharapkan agar peserta didik dapat mempunyai ketrampilan, dan kesabaran
dalam mewarnai gambar. Serta diharapkan peserta didik mampu mengenal berbagai
hal tentang rumah sakit dengan menyesuaikan berbagai warna yang telah mereka
ketahui.
Dalam
kegiatan ini diadakan pada pembelajaran inti dengan peserta dua kelas yaitu Mentari
1 dan Mentari 2.
d.
Hafalan
Doa Harian
Pada
kegiatan ini diharapkan peserta didik dapat melafalkan doa sehari- hari antara
lain : doa sebelum makan,doa sesudah makan,doa sebelum tidur, doa akan
bepergian.
e.
Memindahkan
Bendera Sesuai Warna
Dalam
memindahkan bendera sesuai warna ini diutamakan untuk kelas surya, karena untuk
mengenalkan warna pada peserta didik dengan usia 2-3 tahun. dimana pada
kegiatan ini mengutamakan kecepatan dan ketrampilan peserta didik serta
ketepatan untuk memasangkan bendera sesuia dengan warna yang telah ditentukan.
Pada
kegiatan ini menggunakan tiga warna dasar yaitu merah, kuning, dan hijau.
f.
Mencetak
Pasir
Kegiatan
bermain pasir yaitu kegiatan mencetak
pasir dengan cetakan dengan tujuan agar peserta didik mampu mempunyai
kreatifitas, kerapian, kemandirian, serta dapat menyesuaikan dengan tema yang
telah ditentukan.
g.
Mengecap
Warna Dengan Menggunakan Bahan Alam.
Kegiatan
ini bertujuan untuk menumbuhkan kreatifitas pada peserta didik,
kerapian/kebersihan, leindahan serta kemandirian dalam mengecap.
2.
Waktu dan Tempat
Kegiatan.
a.
Observasi
Waktu : 07.30 WIB- selesai
Hari
dan Tanggal : Rabu dan Kamis 27-28
Maret 2013
Tempat : Kelompok Bermain
Aisyiyah Bagelen.
b.
Kegiatan Mewarnai
Kartun dengan tema Rumah Sakit.
Waktu : 08.00 - 09.00 WIB
Hari
dan Tanggal : Selasa 2 April 2013
Tempat : Kelompok Bermain
Aisyiyah Bagelen.
c. Hafalan
doa harian
Waktu :
08.00 - 09.00 WIB
Hari dan Tanggal : Selasa 9 April 2013
Tempat : Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen.
d. Memindahkan
bendera sesua warna, Mencetak pasir dan Mengecap warna dengan menggunakan bahan
alam.
Waktu :
08.00 – 09:00 WIB
Tanggal
: 16 April 2013
Tempat : Kelompok Bermain Aisiyah Bagelen.
e. Penutup
(perpisahan)
Waktu : 08.00 – 10.100
Tanggal : 23 April 2013
Tempat : Kelompok Bermain Aisyiyah Bagelen
Jadwal Program Kerja.
Hari/ Tanggal
|
Waktu
|
Kegiatan
|
Selasa, 2 April 2013
|
07.30-08.00 WIB
|
Pra pembelajaran (belajar membaca iqro’)
Berbaris
Pembukaan (do’a dan nasyid)
|
08.00-09.00 WIB
|
Mewarnai gambar dengan tema rumah
sakit
|
|
09.00-09.30 WIB
|
Istirahat cuci tangan dan kaki
|
|
09.30-10.00 WIB
|
Makan dan minum
Recalling
Do’a penutup
|
|
Selasa, 16April 2013
|
07.30-08.00 WIB
|
Pra pembelajaran (belajar
membaca iqro’)
Berbaris
Pembukaan (do’a dan nasyid)
|
|
08.00-09.30 WIB
|
Memindahkan bendera sesuai
warna, Mencetak pasir dan Mengecap warna dengan menggunakan bahan alam
|
|
09.30 -10.00 WIB
|
Istirahat cuci tangan dan kaki
|
|
10.00 WIB - Selesai
|
Makan dan minum
Recalling
Do’a penutup
|
A.
Anggaran
dana kegiatan
I.
Pengeluaran
a. Kegiatan
1)
Pengadaan
kertas gambar untuk mewarnai :
Rp 13.000,-
2)
Peralatan
mencetak pasir :
Rp 18.000,-
3)
Perlengkapan
mengecap dengan baha alam :
Rp 5.000,-
4)
Peralatan
memasang bendera sesuai warna :
Rp 12.300,-
Rp
48.300,-
b.
Kenang-kenangan
1)
Iqro’
10 x @12.000,- : Rp 120.000,-
2)
Mainan
:
Rp 51.000,-
Rp 171.000,-
c.
Konsumsi
1)
Snack 50 x @ 3000,- : Rp 150.000,-
2)
Nasi
kuning 50 x @2500,- :
RP 125.000,-
Rp 175.000,-
Jumlah
pengeluaran :
Rp 394.300,-
II.
Pemasukan
a.
Mahasiswa 5 x @ Rp 100.000 Rp 500.000
Sisa uang :
Rp 105.700,-
BAB
IV
PENUTUP
A.
Simpulan
Dari kunjungan ke Kelompok Bermain Aisyiyah kami merasa mendapat
pengalaman tentang pendidikan anak usia dini, dan tata cara pembelajarannya.
bagaimana kurikulum yang dijalankan dalam pendidikan anak usia dini, serta cara
Kelompok Bermain Aisyiyah menerapkan pendidikan yang berbasis keagamaan.
Kegiatan
ini mendapat respon positif dari berbagai pihak yang bersangkutan, khususnya
pihak Kelompok Bermain Aisyiyah. Hampir 80% sasaran kegiatan hadir sesuai dengan target yang diharapkan.
Kegiatan
ini juga dapat
berjalan dengan efektif dan efisien. Hal ini ditunjukkan oleh waktu pelaksanaan
kegiatan yang relatif tepat dan tidak adanya kendala yang mengganggu
berjalannya kegiatan ini.
B.
Saran
Kami selaku panitia pelaksana
memiliki beberapa saran yang diharapkan dapat menjadi perbaikan untuk kegiatan
sejenis di kemudian hari, di antaranya :
1. Dalam
hal persiapan diharapkan lebih matang agar
program dapat berjalan lebih tepat waktu dan jauh lebih baik.
2. Kegiatan
lebih dikoordinasikan
dengan pihak-pihak yang terkait agar target yang ingin dicapai lebih meningkat.
3. Bagi pihak-pihak yang ingin mengadakan kegiatan serupa, diharapkan
menjadi panitia pelaksana yang cekatan dan terampil,
terlebih jika ditemukan beberapa masalah yang tidak terduga.
Post a Comment for "LAPORAN KEGIATAN PCM DI KELOMPOK BERMAIN AISIYAH"