Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Penutup, Simpulan dan Saran Skripsi

BAB V
PENUTUP



Bab ini berisi simpulan dan saran. Simpulan berisi jawaban singkat dari masalah yang diteliti, sedangkan saran berisi masukan penulis yang berkaitan dengan hasil penelitian. Hal tersebut akan diuraikan sebagai berikut.

A.  Simpulan
Simpulan ini berisi jawaban singkat dari masalah yang diteliti pada penyajian data dan pembahasan. Berdasarkan uraian pada penyajian data dan pembahasan, peneliti mengambil simpulan sebagai berikut.
1.    Unsur intrinsik novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khlaieqy meliputi: tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat. Tema dalam novel Bait-bait Multazam yaitu perjalanan Henry menemukan Islam sebagai jalan keimanannya yang terus  diperdalam olehnya. Tokoh dan Penokohanya yaitu Henry (sabar, pantang menyerah, jujur, penolong, dan ikhlas), Hilya (suka menguak misteri orang dan suka belanja), Martha (penyayang), Bang Muhsin (Islami), Ibu Henry (penyayang), Ayah Henry (pemarah dan keras), dan Yusuf Bulutlu (penolong). Alur dalam novel ini, yaitu alur campuran. Latar yang digunakan dalam novel ini, yaitu  latar tempat (Arab Saudi, gereja, Masjid Baiturrahim, Ma’had Abu Ubaidah, dan Suriah), latar waktu (pagi hari, siang hari, malam hari, dua puluh delapan tahun lalu, dan tanggal 25 Desember lalu), dan latar sosial (hukum keselamatan bagi perempuan di Arab, panggilan kehormatan untuk laki-laki di Arab, adat pernikahan masyarakat Arab, adat pernikahan masyarakat Batak, dan tradisi Batak Kristiani). Sudut Pandang yang digunakan dalam novel ini, yaitu persona ketiga sebagai pencerita terbatas (dia). Amanat dalam novel ini, yaitu kita sebagai muslim seharusnya bersyukur kepada Allah, memberikan apresiasi kepada mualaf, dan pantang menyerah dalam menggapai cita-cita dengan tetap berpegang teguh pada ajaran agama Islam.
2.    Nilai Religius dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khlaieqy meliputi: hubungan manusia dengan Allah (taharah, salat, haji, beriman, bersyukur, dan bersabar), hubungan manusia dengan diri sendiri (ikhlas, jujur, sabar, pemaaf, adil, berani, amanah, rendah hati, dan menjaga keseimbangan hidup), hubungan manusia dengan manusia (tolong-menolong, pemaaf, menepati janji, lapang dada, dan adil), dan hubungan manusia dengan lingkungan hidup (menjaga kebersihan lingkungan, mengadakan dan melestarikan penghijauan lingkungan, dan memelihara binatang).
3.    Rencana pelaksanaan pembelajaran novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khlaieqy dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA, yaitu menggunakan model pembelajaran group investigation. Langkah-langkah pembelajaran menggunakan model group investigation: (a) siswa dibagi ke dalam kelompok kecil yang terdiri dari siswa; (b) guru menyampaikan materi berupa unsur intrinsik dan nilai religius yang akan dipelajari, menetapkan novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khlaieqy untuk dibaca setiap siswa dalam kelompok yang bertujuan agar siswa dapat memahami unsur intrinsik dan nilai religius yang terkandung dalam novel tersebut; (c) siswa dalam tiap kelompok saling tukar informasi dan ide, berdiskusi, mengklarifikasi, mengumpulkan informasi, menganalisis data, membuat referensi mengenai unsur intrinsik dan nilai religius pada novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khlaieqy; (d) setiap anggota kelompok menulis laporan, menyiapkan kelompoknya untuk mempresentasikan hasil diskusi; (e) masing-masing siswa dalam kelompok melakukan koreksi diri terhadap laporan masing-masing berdasarkan hasil diskusi kelas, siswa dan guru berkolaborasi mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan.

B.  Saran
Berdasarkan simpulan tersebut, dapat diberikan beberapa saran kepada berbagai pihak, sebagai berikut.
1.    Bagi guru
Guru dapat menggunakan novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy sebagai bahan pembelajaran sastra khususnya di kelas XI SMA.
2.    Bagi siswa
Siswa dapat memahami dan menerapkan nilai-nilai religius yang terdapat di dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
3.    Bagi peneliti berikutnya

Peneliti berikutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai salah satu referensi dalam penelitiannya yang serupa.

Post a Comment for "Contoh Penutup, Simpulan dan Saran Skripsi"