Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Pendahuluan lengkap dalam Skripsi

BAB I
PENDAHULUAN

Bab I berisi pendahuluan. Pada bagian pendahuluan, penulis menjabarkan subbab, antara lain: latar belakang masalah, penegasan istilah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, dan sistematika skripsi.

A.  Latar Belakang Masalah
Karya sastra merupakan karya imajinatif yang dituangkan oleh pengarang dalam bentuk tulisan yang mempunyai nilai keindahan. Karya imajinatif tersebut terlahir dari kreasi dan juga daya khayal pengarang. Karya sastra merupakan penggambaran dari apa yang ditangkap oleh pengarang tentang kehidupan di sekitarnya (Nurhayati, 2012: 7). Dengan karya sastra tersebut, pengarang menyampaikan pesan-pesan kebenaran mengenai persoalan-persoalan yang terjadi dalam kehidupan manusia, baik dengan jelas ataupun dengan tersirat secara halus. Persoalan hidup dan kehidupan manusia itu pun sangat kompleks, meliputi hubungan manusia dengan Tuhannya, hubungan manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain, dan hubungan manusia dengan lingkungan alam (Nurgiyantoro, 2005: 323).
Karya sastra penuh dengan nilai keindahan dan nilai ajaran hidup. Nilai keindahan merupakan ciri bahwa karya sastra adalah seni yang dimunculkan oleh unsur intrinsik, seperti diksi, fakta cerita, dan sebagainya, sedangkan nilai ajaran hidup dalam karya sastra merupakan pesan yang disampaikan oleh pengarang kepada pembaca, seperti nilai moral dan nilai religius. Bahkan, dikatakan pula bahwa segala sastra adalah religius (Mangunwijaya, 1988: 11).
Nilai religius merupakan dasar pandangan hidup bagi seseorang dalam menghadapi segala persoalan hidup. Religius adalah konsep keagamaan yang menyebabkan manusia bersikap sesuai dengan perintah Tuhannya. Religius lebih melihat aspek yang ada di dalam lubuk hati atau pribadi seseorang dalam menjalankan kewajiban agamanya (Mangunwijaya, 1988: 12). Nilai religius yang terdapat dalam karya sastra dapat memberi contoh kepada masyarakat untuk menjalani kehidupan dengan berpatokan pada ajaran agama. Dengan demikian, nilai religius dalam karya sastra dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap perilaku moral pembaca dan masyarakat meskipun pengaruhnya hanya sedikit.
Novel adalah salah satu bentuk karya sastra yang banyak digemari oleh masyarakat jika dibandingkan dengan puisi. Hal ini disebabkan karena novel sesuai dengan selera masyarakat, baik dari segi ceritanya, bahasa yang mudah dipahami, maupun dengan kelebihan novel itu sendiri yang biasanya menceritakan tentang kehidupan nyata masyarakat. Berbeda dengan puisi, tidak semua pembaca bisa menerima dan mengetahui maksud dari isi puisi tersebut karena bahasa yang ada dalam puisi harus dipahami lebih dalam pada setiap baitnya. Novel sebagai salah satu bentuk karya sastra dapat dengan bebas berbicara tentang kehidupan yang dialami oleh manusia dengan berbagai peraturan dan norma-norma dalam interaksinya dengan lingkungan sehingga dalam karya sastra (novel) terdapat makna tertentu tentang kehidupan, termasuk makna yang bernilai religius.
Novel Bait-bait Multazam merupakan salah satu novel yang bernuansa religius yang bagus untuk perkembangan akhlak dan agama para remaja, khususnya pelajar SMA. Pelajar SMA merupakan anak-anak berusia remaja yang masih dalam tahap pencarian jati diri mereka. Jika mereka membaca novel yang mengandung nilai religius, jati diri yang terbentuk pada anak tersebut adalah jati diri yang kuat yang berpegang teguh pada agama dan tidak gampang terpengaruh oleh lingkungan yang buruk.
Pengarang dari novel Bait-bait Multazam tersebut adalah Abidah El Khalieqy. Beliau adalah seorang pengarang wanita yang karya-karyanya tidak hanya dikenal di Indonesia, tetapi juga dikenal hingga ke mancanegara. Banyak penghargaan yang telah beliau dapatkan, salah satunya yaitu dinobatkan sebagai “Sepuluh Muslimah Kreatif” oleh majalah Noor (2010). Karya-karyanya, terutama cerpen dan novel telah dikaji serta dijadikan bahan penelitian dalam penulisan skripsi, tesis, dan disertasi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan luar negeri, yang jumlahnya lebih dari 100 buah. Jumlah karyanya yang dikaji pun akan bertambah dengan dilakukannya pengkajian terhadap novel Bait-bait Multazam.
Novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy adalah novel yang diterbitkan oleh Bunyan di Yogyakarta, cetakan pertama pada tahun 2015 dengan tebal halaman yaitu 338. Melalui novel tersebut, pelajar SMA diharapkan dapat mengambil pesan dari peristiwa yang dialami Henry Toga Sinaga. Pesan dari kehidupan Henry sebagai seorang mualaf yaitu perjuangkan semaksimal mungkin untuk hal baik yang kita inginkan dengan tetap berpegang teguh pada ajaran agama Islam. Novel ini menceritakan sebuah perjalanan Henry yang berlatar belakang agama Kristen, yang kemudian menemukan Islam sebagai jalan keimanannya yang terus diperdalam olehnya. Henry belajar ilmu agama Islam dari nol. Imannya terus diuji. Namun, dia dengan sabar dan ikhlas terus melangkah memperdalam ilmu agama, bahkan hingga ke Suriah. Di sana pun ujian demi ujian menimpanya. Hanya pada Allah dia berpegang. Oleh karena itu, alangkah bijak apabila novel ini digunakan sebagai media sekaligus bahan pembelajaran sastra di sekolah, khususnya SMA.
Pembelajaran sastra adalah pembelajaran apresiasi sastra yang berusaha mendekatkan siswa kepada sastra, berusaha menambahkan rasa peka dan cinta siswa kepada sastra sebagai cipta seni. Tujuan pembelajaran sastra adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi sebuah karya sastra. Siswa diharapkan memiliki pengetahuan yang memadai tentang sastra dan sikap positif terhadap karya sastra. Dengan penggunaan media novel inilah siswa diharapkan mampu secara aktif, kreatif, dan mandiri atau kelompok menemukan unsur-unsur pembangun dalam sebuah cerita sebagai bahan pembelajaran.
Pembelajaran sastra di SMA berupa novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy, diharapkan dapat menambah wawasan siswa tentang nilai religius dan siswa dapat mengambil nilai yang positif dari novel tersebut. Selain itu, pembelajaran novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy di SMA juga dapat menambah dan meningkatkan apresiasi sastra. Berdasarkan hal di atas, penulis tertarik untuk menganalisis nilai religius novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA.

B.  Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, permasalahan yang timbul berkaitan dengan nilai religius novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy dapat diidentifikasi sebagai berikut.
1.    Karya sastra khususnya novel banyak mengandung nilai religius.
2.    Novel dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra yang baik bagi sekolah karena di dalamnya terkandung nilai-nilai religius.
3.    Novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy mengandung banyak nilai religius. Oleh karena itu, novel ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran sastra di sekolah.

C.  Batasan Masalah
Pada penelitian ini, penulis hanya membatasi masalah nilai religius novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA.
D.  Penegasan Istilah
Penelitian ini berjudul “Nilai Religius Novel Bait-bait Multazam Karya Abidah El Khalieqy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dalam Keterampilan Membaca di Kelas XI SMA”. Agar penelitian ini tidak terjadi salah pengertian mengenai istilah-istilah yang digunakan dalam judul skripsi, penulis perlu menjelaskan arti istilah yang dipaparkan di bawah ini.
1.    Nilai Religius
Nilai religius merupakan dasar pandangan hidup atau tuntunan bagi seseorang dalam menghadapi segala persoalan hidup supaya menjadi manusia yang lebih baik, seperti berhati nurani, jujur, berakhlak mulia atau saleh, dan beriman yang tidak pura-pura (Mangunwijaya (1988:15-16).
2.    Novel Bait-bait Multazam Karya Abidah El Khalieqy
Novel merupakan pengungkapan dari fragmen kehidupan manusia (Nurhayati, 2013: 5). Novel Bait-bait Multazam adalah salah satu novel karya Abidah El Khalieqy yang bernuansa religius.
3.    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rancangan berupa langkah-langkah kegiatan pembelajaran mata pelajaran per unit (topik) yang akan diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas (Muslich, 2007:53).


4.    Keterampilan Membaca
Keterampilan adalah kecakapan untuk menyelesaikan tugas (KBBI, 2012: 559), sedangkan membaca yaitu melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati); mengeja atau melafalkan apa yang tertulis, mengucapkan, mengetahui, meramalkan, menduga, memperhitungkan (KBBI, 2012: 64). Dengan demikian, keterampilan membaca adalah kecakapan dalam melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis dengan melisankan atau hanya dalam hati untuk menyelesaikan tugas.
Berdasarkan penegasan istilah di atas, dapat disimpulkan maksud dari judul skripsi ini. Maksud dari judul skripsi ini adalah penelitian terhadap nilai religius pada novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy dan rancangan kegiatan pembelajaran novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA.

E.  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah penelitian adalah sebagai berikut.
1.    Bagaimana unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy?
2.    Bagaimana nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy?
3.    Bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran nilai religius yang terdapat dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA?

F.       Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan penelitian ini adalah untuk:
1.    mendeskripsikan unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy;
2.    mendeskripsikan nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy;
3.    mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran nilai religius yang terdapat dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA.

G.      Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian dengan judul “Nilai Religius Novel Bait-bait Multazam Karya Abidah El Khalieqy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dalam Keterampilan Membaca di Kelas XI SMA” dapat ditinjau dari dua segi, yaitu segi teoretis dan segi praktis.

1.    Secara Teoretis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan, menjadi bahan kajian, serta wawasan kepada pembaca mengenai unsur intrinsik dan ekstrinsik yang difokuskan pada nilai religius yang terkandung dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy serta memberikan sumbangan dalam bidang pendidikan khususnya dalam pembelajaran sastra di kelas XI SMA.

2.    Secara Praktis
Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pendidik, peserta didik, sekolah, dan bagi penulis berikutnya.
a.    Bagi pendidik, penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai salah satu alternatif pembelajaran sastra yang efektif untuk menanamkan nilai religius kepada peserta didik dan menumbuhkan rasa cinta peserta didik pada karya sastra khususnya novel.
b.    Bagi peserta didik, penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada peserta didik untuk memahami karya sastra serta peserta didik mampu merefleksikan nilai religius dalam kehidupan.
c.    Bagi sekolah, penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai acuan dalam mempersiapkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, khususnya pada kompetensi analisis teks fiksi dalam novel.
d.   Bagi penulis berikutnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan acuan dalam melaksanakan penelitian yang serupa.





H.      Sistematika Skripsi
Sistematika ini bertujuan untuk memberikan gambaran skripsi yang disusun. Skripsi ini berjudul “Nilai Religius Novel Bait-bait Multazam Karya Abidah El Khalieqy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dalam Keterampilan Membaca di Kelas XI SMA”. Skripsi ini terdiri atas lima bab. Pada bagian awal terdiri atas sampul, halaman judul, persetujuan pembimbing, pengesahan, pernyataan, moto dan persembahan, prakata, abstrak, daftar isi, daftar table, dan daftar lampiran.
Bab I berisi pendahuluan. Pendahuluan membahas tentang latar belakang masalah, penegasan istilah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian, serta sistematika skripsi.
Bab II berisi tinjauan pustaka dan kajian teoretis. Pada tinjauan pustaka, penulis mengemukakan beberapa kajian buku yang membahas tentang unsur intrinsik novel, unsur ekstrinsik berupa nilai religius dalam novel, dan rencana pelaksanaan pembelajaran sastra di SMA. Selain itu, pada tinjauan pustaka, penulis juga mengemukakan beberapa hasil penelitian yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Penulis mengemukakan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Rizkiyana (2014) yang berjudul “Nilai Religius Novel Cinta Suci Zahrana Karya Habiburahman El Shirazy dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA” dan Jayanti (2015) yang berjudul “Nilai Religius Novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El Parsia dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”, sedangkan pada kajian teoretis, penulis mengemukakan tentang pengertian novel, unsur intrinsik novel, nilai religius dalam karya sastra dan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Bab III berisi metode penelitian. Metode penelitian ini meliputi: sumber data, objek penelitian, fokus penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, teknik analisis data, dan teknik penyajian hasil analisis data. Bab ini menjelaskan tentang metode yang digunakan penulis untuk meneliti karya sastra.
Bab IV berisi penyajian dan pembahasan data hasil penelitian. Pada bab ini, penulis akan menguraikan data penelitian dari novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy yang berupa kutipan-kutipan langsung dan subbab pembahasan data yang membahas unsur intrinsik dan nilai religius novel tersebut, serta rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA.
Bab V berisi penutup. Penutup terdiri atas simpulan dan saran. Simpulan merupakan hasil pokok pembahasan, sedangkan saran merupakan manfaat yang dapat diambil setelah membaca dan memahami hasil penelitian ini. Pada bagian akhir skripsi, terdapat daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang mendukung penelitian, meliputi: silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), sinopsis novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy, biografi pengarang, kartu pencatat data, surat keputusan penetapan dosen pembimbing skripsi, dan kartu bimbingan skripsi.

Post a Comment for "Contoh Pendahuluan lengkap dalam Skripsi"