Contoh Pendahuluan lengkap dalam Skripsi
BAB I
PENDAHULUAN
Bab I berisi pendahuluan. Pada bagian pendahuluan,
penulis menjabarkan subbab, antara lain: latar belakang masalah, penegasan
istilah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian,
manfaat penelitian, dan sistematika skripsi.
A. Latar
Belakang Masalah
Karya sastra merupakan karya imajinatif yang
dituangkan oleh pengarang dalam bentuk tulisan yang mempunyai nilai keindahan.
Karya imajinatif tersebut terlahir dari kreasi dan juga daya khayal pengarang.
Karya sastra merupakan penggambaran dari apa yang ditangkap oleh pengarang
tentang kehidupan di sekitarnya (Nurhayati, 2012: 7). Dengan karya sastra
tersebut, pengarang menyampaikan pesan-pesan kebenaran mengenai
persoalan-persoalan yang terjadi dalam kehidupan manusia, baik dengan jelas
ataupun dengan tersirat secara halus. Persoalan hidup dan kehidupan manusia itu
pun sangat kompleks, meliputi hubungan manusia dengan Tuhannya, hubungan
manusia dengan diri sendiri, hubungan manusia dengan manusia lain, dan hubungan
manusia dengan lingkungan alam (Nurgiyantoro, 2005: 323).
Karya sastra penuh dengan nilai keindahan dan nilai
ajaran hidup. Nilai keindahan merupakan ciri bahwa karya sastra adalah seni
yang dimunculkan oleh unsur intrinsik, seperti diksi, fakta cerita, dan
sebagainya, sedangkan nilai ajaran hidup dalam karya sastra merupakan pesan
yang disampaikan oleh pengarang kepada pembaca, seperti nilai moral dan nilai
religius. Bahkan, dikatakan pula bahwa segala sastra adalah religius
(Mangunwijaya, 1988: 11).
Nilai religius merupakan dasar pandangan hidup bagi
seseorang dalam menghadapi segala persoalan hidup. Religius adalah konsep
keagamaan yang menyebabkan manusia bersikap sesuai dengan perintah Tuhannya.
Religius lebih melihat aspek yang ada di dalam lubuk hati atau pribadi
seseorang dalam menjalankan kewajiban agamanya (Mangunwijaya, 1988: 12). Nilai
religius yang terdapat dalam karya sastra dapat memberi contoh kepada
masyarakat untuk menjalani kehidupan dengan berpatokan pada ajaran agama. Dengan
demikian, nilai religius dalam karya sastra dapat memberikan pengaruh yang baik
terhadap perilaku moral pembaca dan masyarakat meskipun pengaruhnya hanya
sedikit.
Novel adalah salah satu bentuk karya sastra yang
banyak digemari oleh masyarakat jika dibandingkan dengan puisi. Hal ini
disebabkan karena novel sesuai dengan selera masyarakat, baik dari segi
ceritanya, bahasa yang mudah dipahami, maupun dengan kelebihan novel itu
sendiri yang biasanya menceritakan tentang kehidupan nyata masyarakat. Berbeda
dengan puisi, tidak semua pembaca bisa menerima dan mengetahui maksud dari isi
puisi tersebut karena bahasa yang ada dalam puisi harus dipahami lebih dalam
pada setiap baitnya. Novel sebagai salah satu bentuk karya sastra dapat dengan
bebas berbicara tentang kehidupan yang dialami oleh manusia dengan berbagai
peraturan dan norma-norma dalam interaksinya dengan lingkungan sehingga dalam
karya sastra (novel) terdapat makna tertentu tentang kehidupan, termasuk makna
yang bernilai religius.
Novel Bait-bait
Multazam merupakan salah satu novel yang bernuansa religius yang bagus
untuk perkembangan akhlak dan agama para remaja, khususnya pelajar SMA. Pelajar
SMA merupakan anak-anak berusia remaja yang masih dalam tahap pencarian jati
diri mereka. Jika mereka membaca novel yang mengandung nilai religius, jati
diri yang terbentuk pada anak tersebut adalah jati diri yang kuat yang
berpegang teguh pada agama dan tidak gampang terpengaruh oleh lingkungan yang
buruk.
Pengarang dari novel Bait-bait Multazam tersebut adalah Abidah El Khalieqy. Beliau
adalah seorang pengarang wanita yang karya-karyanya tidak hanya dikenal di
Indonesia, tetapi juga dikenal hingga ke mancanegara. Banyak penghargaan yang
telah beliau dapatkan, salah satunya yaitu dinobatkan sebagai “Sepuluh Muslimah
Kreatif” oleh majalah Noor (2010).
Karya-karyanya, terutama cerpen dan novel telah dikaji serta dijadikan bahan
penelitian dalam penulisan skripsi, tesis, dan disertasi di berbagai perguruan
tinggi di Indonesia dan luar negeri, yang jumlahnya lebih dari 100 buah. Jumlah
karyanya yang dikaji pun akan bertambah dengan dilakukannya pengkajian terhadap
novel Bait-bait Multazam.
Novel Bait-bait
Multazam karya Abidah El Khalieqy adalah novel yang diterbitkan oleh Bunyan
di Yogyakarta, cetakan pertama pada tahun 2015 dengan tebal halaman yaitu 338. Melalui
novel tersebut, pelajar SMA diharapkan dapat mengambil pesan dari peristiwa
yang dialami Henry Toga Sinaga. Pesan dari kehidupan Henry sebagai seorang mualaf
yaitu perjuangkan semaksimal mungkin untuk hal baik yang kita inginkan dengan
tetap berpegang teguh pada ajaran agama Islam. Novel ini menceritakan sebuah
perjalanan Henry yang berlatar belakang agama Kristen, yang kemudian menemukan
Islam sebagai jalan keimanannya yang terus diperdalam olehnya. Henry belajar
ilmu agama Islam dari nol. Imannya terus diuji. Namun, dia dengan sabar dan
ikhlas terus melangkah memperdalam ilmu agama, bahkan hingga ke Suriah. Di sana
pun ujian demi ujian menimpanya. Hanya pada Allah dia berpegang. Oleh karena
itu, alangkah bijak apabila novel ini digunakan sebagai media sekaligus bahan pembelajaran
sastra di sekolah, khususnya SMA.
Pembelajaran sastra adalah pembelajaran apresiasi
sastra yang berusaha mendekatkan siswa kepada sastra, berusaha menambahkan rasa
peka dan cinta siswa kepada sastra sebagai cipta seni. Tujuan pembelajaran
sastra adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengapresiasi sebuah
karya sastra. Siswa diharapkan memiliki pengetahuan yang memadai tentang sastra
dan sikap positif terhadap karya sastra. Dengan penggunaan media novel inilah
siswa diharapkan mampu secara aktif, kreatif, dan mandiri atau kelompok
menemukan unsur-unsur pembangun dalam sebuah cerita sebagai bahan pembelajaran.
Pembelajaran sastra di SMA berupa novel Bait-bait Multazam karya Abidah El
Khalieqy, diharapkan dapat menambah wawasan siswa tentang nilai religius dan siswa
dapat mengambil nilai yang positif dari novel tersebut. Selain itu,
pembelajaran novel Bait-bait Multazam
karya Abidah El Khalieqy di SMA juga dapat menambah dan meningkatkan apresiasi
sastra. Berdasarkan hal di atas, penulis tertarik untuk menganalisis nilai
religius novel Bait-bait Multazam
karya Abidah El Khalieqy dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam
keterampilan membaca di kelas XI SMA.
B. Identifikasi
Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas,
permasalahan yang timbul berkaitan dengan nilai religius novel Bait-bait Multazam karya Abidah El
Khalieqy dapat diidentifikasi sebagai berikut.
1.
Karya
sastra khususnya novel banyak mengandung nilai religius.
2.
Novel
dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran sastra yang baik bagi sekolah karena
di dalamnya terkandung nilai-nilai religius.
3.
Novel
Bait-bait Multazam karya Abidah El
Khalieqy mengandung banyak nilai religius. Oleh karena itu, novel ini dapat
digunakan sebagai bahan pembelajaran sastra di sekolah.
C. Batasan
Masalah
Pada penelitian ini, penulis hanya membatasi masalah
nilai religius novel Bait-bait Multazam karya
Abidah El Khalieqy dan rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam keterampilan
membaca di kelas XI SMA.
D. Penegasan
Istilah
Penelitian ini berjudul “Nilai Religius Novel Bait-bait Multazam Karya Abidah El
Khalieqy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dalam Keterampilan Membaca di
Kelas XI SMA”. Agar penelitian ini
tidak terjadi salah pengertian mengenai istilah-istilah yang digunakan dalam
judul skripsi, penulis perlu menjelaskan arti istilah yang dipaparkan di bawah
ini.
1.
Nilai
Religius
Nilai religius merupakan dasar pandangan hidup atau
tuntunan bagi seseorang dalam menghadapi segala persoalan hidup supaya menjadi
manusia yang lebih baik, seperti berhati nurani, jujur, berakhlak mulia atau
saleh, dan beriman yang tidak pura-pura (Mangunwijaya (1988:15-16).
2.
Novel
Bait-bait Multazam Karya Abidah El
Khalieqy
Novel merupakan pengungkapan dari fragmen kehidupan
manusia (Nurhayati, 2013: 5). Novel Bait-bait
Multazam adalah salah satu novel karya Abidah El Khalieqy yang bernuansa
religius.
3.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rancangan
berupa langkah-langkah kegiatan pembelajaran mata pelajaran per unit (topik) yang
akan diterapkan guru dalam pembelajaran di kelas (Muslich, 2007:53).
4.
Keterampilan
Membaca
Keterampilan adalah kecakapan untuk menyelesaikan
tugas (KBBI, 2012: 559),
sedangkan membaca yaitu melihat serta memahami isi dari apa yang
tertulis (dengan melisankan atau hanya dalam hati); mengeja atau melafalkan apa
yang tertulis, mengucapkan, mengetahui, meramalkan, menduga, memperhitungkan
(KBBI, 2012: 64). Dengan demikian, keterampilan membaca adalah kecakapan dalam
melihat serta memahami isi dari apa yang tertulis dengan melisankan atau hanya
dalam hati untuk menyelesaikan tugas.
Berdasarkan penegasan istilah di atas, dapat disimpulkan
maksud dari judul skripsi ini. Maksud dari judul skripsi ini adalah penelitian
terhadap nilai religius pada novel Bait-bait
Multazam karya Abidah El Khalieqy dan rancangan kegiatan pembelajaran novel
Bait-bait Multazam karya Abidah El
Khalieqy dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA.
E. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah penelitian
adalah sebagai berikut.
1.
Bagaimana
unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Bait-bait
Multazam karya Abidah El Khalieqy?
2.
Bagaimana
nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy?
3.
Bagaimana
rencana pelaksanaan pembelajaran nilai religius yang terdapat dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El
Khalieqy dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA?
F. Tujuan
Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, tujuan
penelitian ini adalah untuk:
1.
mendeskripsikan
unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Bait-bait
Multazam karya Abidah El Khalieqy;
2.
mendeskripsikan
nilai-nilai religius yang terdapat dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El Khalieqy;
3.
mendeskripsikan
rencana pelaksanaan pembelajaran nilai religius yang terdapat dalam novel Bait-bait Multazam karya Abidah El
Khalieqy dalam keterampilan membaca di kelas XI SMA.
G. Manfaat
Penelitian
Manfaat penelitian dengan judul “Nilai Religius
Novel Bait-bait Multazam Karya Abidah
El Khalieqy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dalam Keterampilan Membaca
di Kelas XI SMA” dapat ditinjau dari
dua segi, yaitu segi teoretis dan segi praktis.
1. Secara
Teoretis
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan
pengetahuan, menjadi bahan kajian, serta wawasan kepada pembaca mengenai unsur
intrinsik dan ekstrinsik yang difokuskan pada nilai religius yang terkandung
dalam novel Bait-bait Multazam karya
Abidah El Khalieqy serta memberikan sumbangan dalam bidang pendidikan khususnya
dalam pembelajaran sastra di kelas XI SMA.
2. Secara
Praktis
Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat
bagi pendidik, peserta didik, sekolah, dan bagi penulis berikutnya.
a.
Bagi
pendidik, penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai salah satu alternatif
pembelajaran sastra yang efektif untuk menanamkan nilai religius kepada peserta
didik dan menumbuhkan rasa cinta peserta didik pada karya sastra khususnya novel.
b.
Bagi
peserta didik, penelitian ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan kepada
peserta didik untuk memahami karya sastra serta peserta didik mampu
merefleksikan nilai religius dalam kehidupan.
c.
Bagi
sekolah, penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai acuan dalam
mempersiapkan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, khususnya pada
kompetensi analisis teks fiksi dalam novel.
d.
Bagi
penulis berikutnya, penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu bahan
acuan dalam melaksanakan penelitian yang serupa.
H. Sistematika
Skripsi
Sistematika
ini bertujuan untuk memberikan gambaran skripsi yang disusun. Skripsi ini
berjudul “Nilai Religius Novel Bait-bait
Multazam Karya Abidah El Khalieqy dan Rencana Pelaksanaan Pembelajarannya dalam
Keterampilan Membaca di Kelas XI SMA”. Skripsi ini terdiri atas lima bab. Pada
bagian awal terdiri atas sampul,
halaman judul, persetujuan pembimbing, pengesahan, pernyataan, moto dan
persembahan, prakata, abstrak, daftar isi, daftar table, dan daftar lampiran.
Bab I berisi pendahuluan. Pendahuluan membahas
tentang latar belakang masalah, penegasan istilah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan
masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian, serta sistematika skripsi.
Bab II berisi tinjauan pustaka dan
kajian teoretis. Pada
tinjauan pustaka, penulis mengemukakan beberapa kajian buku yang membahas tentang unsur intrinsik novel, unsur
ekstrinsik berupa nilai religius dalam novel, dan rencana pelaksanaan pembelajaran
sastra di SMA. Selain itu, pada tinjauan pustaka, penulis juga mengemukakan
beberapa hasil penelitian yang ada kaitannya dengan penelitian ini. Penulis
mengemukakan penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Rizkiyana (2014) yang berjudul “Nilai Religius Novel
Cinta Suci Zahrana Karya Habiburahman
El Shirazy dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA” dan Jayanti (2015)
yang berjudul “Nilai Religius Novel Badai
Matahari Andalusia Karya Hary El Parsia dan Skenario Pembelajarannya di
Kelas XI SMA”, sedangkan
pada kajian teoretis, penulis mengemukakan tentang pengertian novel, unsur
intrinsik novel, nilai religius dalam karya sastra dan rencana pelaksanaan pembelajaran.
Bab
III berisi metode penelitian. Metode penelitian ini meliputi: sumber data, objek penelitian, fokus
penelitian, teknik pengumpulan data, instrumen penelitian, teknik
analisis data, dan teknik penyajian hasil analisis data. Bab ini menjelaskan tentang metode
yang digunakan penulis untuk meneliti karya sastra.
Bab
IV berisi penyajian dan pembahasan data hasil penelitian. Pada bab ini, penulis akan
menguraikan data penelitian dari novel Bait-bait
Multazam karya Abidah El Khalieqy yang berupa kutipan-kutipan langsung dan
subbab pembahasan data yang membahas unsur intrinsik dan nilai religius novel
tersebut, serta rencana pelaksanaan pembelajarannya dalam keterampilan membaca di
kelas XI SMA.
Bab
V berisi penutup. Penutup terdiri atas simpulan dan saran. Simpulan merupakan hasil pokok
pembahasan, sedangkan saran merupakan manfaat yang dapat diambil setelah
membaca dan memahami hasil penelitian ini. Pada bagian akhir skripsi, terdapat daftar
pustaka dan lampiran-lampiran yang mendukung penelitian, meliputi: silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), sinopsis novel Bait-bait Multazam
karya Abidah El Khalieqy, biografi pengarang, kartu pencatat data, surat
keputusan penetapan dosen pembimbing skripsi, dan kartu bimbingan skripsi.
Post a Comment for "Contoh Pendahuluan lengkap dalam Skripsi"