Contoh RPP Bahasa Indonesia SMA
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : XI/ Ganjil
Materi
Pokok : Teks Eksplanasi
Alokasi
waktu : 2X
Pertemuan (2 X 3 X 45
menit)
A. Kompetensi
Inti
KI 1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahandalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah.
|
KI 4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan menciptakan dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan diri yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan
mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi
Dasar
3.1
Memahami
struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks, baik melalui lisan maupun
tulisan.
3.2
Membandingkan teks
eksplanasi kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
3.3
Menganalisis
teks eksplanasi kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
3.4
Mengidentifikasi
teks eksplanasi kompleks baik secara lisan maupun tulisan
3.5
Mengevaluasi
teks eksplanasi kompleks berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan
maupun tulisan
4.1
Memproduksi teks eksplanasi kompleks yang koheren sesuai dengan karakteristik
teks yang akan dibuat baik secara lisan maupun tulisan.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mampu
memahami teks eksplanasi kompleks
2.
Mampu
memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks
3.
Mampu
membandingkan dua buah teks eksplanasi kompleks
4.
Mampu membuat teks
eksplanasi kompleks
D. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses
menggali informasi melalui berbagai fakta, menanya konsep, berdiskusi atas
fakta dan konsep, menginterprestasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan, siswa dapat:
1.
Mampu
memahami teks eksplanasi kompleks
2.
Mampu
memahami struktur dan kaidah teks eksplanasi kompleks
3.
Mampu
membandingkan dua buah teks eksplanasi kompleks
4.
Mampu membuat teks
eksplanasi kompleks.
E. Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian
teks eksplanasi
2.
Struktur
isi teks eksplanasi
3.
Kaidah
bahasa/ ciri bahasa teks eksplanasi
F. Metode
Pembelajaran
·
Inquiry
G. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
Konteks/penggalan
teks eksplanasi
2.
Alat/
bahan:
·
LCD,
laptop
·
Koran
3.
Sumber
belajar
·
Buku paket kelas XI
SMA
·
Internet
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi waktu
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberikan salam
·
Siswa
merespon salam dan mengondisikan kelas
·
Siswa berdoa sesuai
dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh ketua kelas atau
salah seorang siswa.
·
Guru
mengabsen siswa
|
15 menit
|
Kegiatan awal
|
·
Tanya jawab tentang
teks eksplanasi.
·
Siswa menerima
informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran
yang akan dilaksanakan.
·
Siswa menerima
informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
·
Apersepsi dan motivasi.
|
|
Kegiatan inti
|
Mengamati
·
Guru
membagi kelas menjadi beberapa kelompok
·
Masing-masing
kelompok diberi teks eksplanasi.
·
Guru
menyuruh siswa untuk mencari, menemukan, dan menuliskan struktur isi dan kaidah bahasa yang ada pada teks
eksplanasi tersebut.
·
Secara individu di tiap kelompok mencermati data yang dibagikan
guru.
·
Dengan kemampuan individu, masing-masing siswa
mencari, menemukan, menuliskan struktur isi dan kaidah bahasa yang ada pada
teks eksplanasi tersebut.
Menanya
·
Antarsiswa dalam
kelompok saling bertanya, konfirmasi tentang struktur isi dan kaidah bahasa teks eksplanasi
kompleks yang
ditemukan dari teks eksplanasi untuk dibahas jika ada perbedaan atas temuan
masing-masing.
·
Mendefinisikan atas
dasar temuannya.
·
Membaca konsep tentang teks
eksplanasi untuk dicocokkan dengan ciri-ciri hasil temuan atas data yang
dikajinya.
Mencoba
·
Siswa bereksperimen
untuk merumuskan struktur isi teks eksplanasi kompleks.
·
Siswa bereksperimen
untuk merumuskan Kaidah bahasa/ ciri bahasa teks
eksplanasi kompleks.
·
Menyiapkan alasan dan
penjelasan atas ciri tiap struktur isi teks eksplanasi kompleks yang diamati secara
berkelompok.
·
Menyiapkan alasan dan
penjelasan atas Kaidah bahasa/ ciri bahasa teks
eksplanasi yang diamati secara berkelompok.
Mengasosiasi
·
Siswa mencoba
mengestimasi tentang struktur isi dan kaidah bahasa teks eksplanasi menurut
versi kelompok dengan mengacu pada konsep yang dibahasnya.
·
Menyiapkan deskripsi
struktur isi dan kaidah bahasa berdasarkan estimasinya dengan gaya
kelompoknya.
Mengomunikasikan
·
Masing-masing kelompok
mempresentasikan hasil deskripsi dan estimasinya (pendapat) tentang struktur isi
dan kaidah bahasa teks eksplanasi kompleks.
·
Tukar gagasan melalui
diskusi kelas untuk mencapai kesimpulan klasikal tentang struktur isi dan
kaidah bahasa teks eksplanasi.
|
100 menit
|
Penutup
|
·
Umpan balik
antarsiswa, antara siswa dengan guru tentang kesimpulan struktur isi dan kaidah
bahasa teks eksplanasi.
·
Salah seorang siswa
memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
·
Penilaian performance,
lisan, kerja kelompok, pengamatan, sikap, yang dilakukan dalam dan selama
proses kegiatan inti
|
20
|
I. Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
a. Kompetensi
Sikap:
·
Observasi
·
Penilaian diri
b. Kompetensi
Pengetahuan:
·
Tes tertulis
·
Tes lisan
c. Kompetensi
Keterampilan:
·
Tes praktik,
·
Projek, dan
·
Portofolio.
2. Bentuk instrumen dan instrumen
3. Pedoman penskoran
Rubrik Instrumen
a.
Peniaian
Sikap
Contoh Format Lembar
Pengamatan Sikap Peserta Didik
No.
|
Sikap
Nama
|
Keterbukaan
|
Ketekunan belajar
|
Kerajinan
|
Tenggang rasa
|
Kedisiplinan
|
Kerjasama
|
Ramah dengan teman
|
Hormat pada
orang tua
|
Kejujuran
|
Menepati janji
|
Kepedulian
|
Tanggung jawab
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang
antara 1 s.d 5.
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten; dan
5 = selalu konsisten.
Lembar Observasi
LEMBAR
PENGAMATAN OBSERVASI
Mata Pelajaran : ..............................................
Kelas/Program : XI / IPS
Kompetensi : ..............................................
Materi : ..............................................
No
|
Nama Siswa
|
Sikap Pribadi
|
Sikap Ilmiah
|
Jml
Skor
|
Nilai
|
||||
Jujur
|
Displ
|
Tgjwb
|
Kritis
|
Objek
|
Tolr
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
(6)
|
||||
1.
1
|
Juminah
|
4
|
4
|
3
|
4
|
3
|
3
|
21
|
|
2.
2
|
Zulaekah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian skor:
4. Sangat baik
3. Baik
2. cukup
1. Kurang
b.
Penilaian Pengetahuan
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Instrumen
|
Mendeskripsikan pengertian teks eksplanasi kompleks.
|
Tes tertulis
|
Isian
|
Deskripsikanlah
pengertian teks eksplanasi kompleks!
|
Mendeskripsikan struktur isi teks
eksplanasi kompleks.
|
Tes tertulis
|
Isian
|
Deskripsikanlah struktur isi teks eksplanasi
kompleks!
|
Mendeskripsikan kaidah bahasa/ ciri bahasa teks eksplanasi
kompleks.
|
Tes tertulis
|
Isian
|
Deskripsikanlah kaidah bahasa/ ciri bahasa teks eksplanasi
kompleks!
|
Membandingkan dua buah teks eksplanasi kompleks.
|
Teks tertulis
|
Isisan
|
Jelaskan perbedaan dan persamaan antara kedua buah penggalan teks
eksplanasi yang telah ditentukan!
|
Mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra
|
Penugasan individu
|
Pekerjaan rumah
|
Buatlah teks eksplanasi berdasarkan pengalaman!
|
Membacakan isi teks eksplanasi kompleks.
|
Tes praktik
|
Lisan
|
Bacalah teks eksplanasi kompleks karya sendiri dengan baik dan
benar!
|
Kunci Jawaban:
1.
Teks
eksplanasi adalah teks yang menjelaskan proses terjadinya
atau terbentuknya fenomena alam atau sosial.
2.
Struktur isi teks eksplanasi yaitu terdiri atas
pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi atau
penutup (tidak harus ada). Bagian pernyataan umum berisi informasi singkat
tentang apa yang dibicarakan. Bagian deretan penjelasan berisi urutan uraian
atau penjelasan tentang peristiwa yang terjadi. Bagian interpretasi berisi
pendapat singkat penulis tentang peristiwa yang terjadi. Di dalam teks eksplanasi
kompleks ini termuat informasi sesungguhnya/ fakta.
3. Kaidah bahasa/ ciri bahasa teks eksplanasi
yaitu:
a. Menggunakan kata sambung yang menunjukkan
hubungan sebab-akibat.
b. Memuat istilah-istilah sesuai dengan bidang
yang dibahas.
4. (Siswa
menjelaskan perbedaan dan
persamaan antara kedua buah penggalan teks eksplanasi yang telah ditentukan)
5. (Siswa membuat teks eksplanasi berdasarkan pengalaman)
6.
(Siswa membacakan teks eksplanasi dengan baik
dan benar)
Pedoman
Penskoran penilaian pengetahuan
1.
Soal nomor 1
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menjawab
dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab
benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab
kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
|
4
|
2.
Soal nomor 2
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menjawab
dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab
benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab
kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
|
4
|
3.
Soal nomor 3
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa menjawab
dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa menjawab
benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa menjawab
benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa menjawab
kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
|
4
|
4.
Soal nomor 4
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa
mendeskripsikan dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa
mendeskripsikan dengan benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa
mendeskripsikan dengan benar dan
sedang
|
S
|
2
|
Siswa
mendeskripsikan dengan kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
|
4
|
5.
Soal nomor 5
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa membuat teks
eksplanasi kompleks dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa membuat teks
eksplanasi kompleks dengan benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa membuat teks
eksplanasi kompleks dengan benar dan
sedang
|
S
|
2
|
Siswa membuat teks
eksplanasi kompleks kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
|
4
|
6.
Soal nomor 6
Aspek
|
Tingkat
|
Skor
|
Siswa membacakan
dengan benar dan sangat baik
|
AB
|
4
|
Siswa membacakan
dengan benar dan baik
|
B
|
3
|
Siswa membacakan
dengan benar dan sedang
|
S
|
2
|
Siswa membacakan
dengan kurang benar
|
K
|
1
|
SKOR MAKSIMAL
|
|
4
|
c. Penilaian proyek
No
|
Kunci/Kriteria jawaban/Aspek yang dinilai
|
Tingkat
|
Skor
|
1.
|
Ii
· Amat memahami; amat luas dan lengkap; amat terjabar; amat sesuai dengan
kutipan.
· Memahami; luas dan lengkap;
terjabar; sesuai dengan kutipan, meskipun kurang terinci.
· Memahami secara terbatas; kurang lengkap; kurang terjabar; kurang
terinci.
· Tidak memahami isi; tidak mengena.
|
Amat
baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
2.
|
Organisasi
· Amat teratur dan rapi; amat jelas; kaya akan gagasan; urutan amat logis;
kohesi amat tinggi.
· Teratur dan rapi; jelas;
banyak gagasan; urutan logis; kohesi tinggi.
· Kurang teratur dan rapi; kurang
jelas; kurang gagasan; urutan kurang
logis; kohesi kurang tinggi.
· Tidak teratur; tidak jelas; miskin gagasan; urutan tidak logis; tidak ada
kohesi.
|
Amat
baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
3.
|
Kosakata dan Diksi
· Amat luas; penggunaan amat efektif; amat menguasai pembentukan kata;
pemilihan kata amat tepat.
· Luas; penggunaan efektif; menguasai pembentukan kata; pemilihan kata yang
tepat.
· Terbatas; kurang efektif; kurang menguasai pembentukan kata; pemilihan
kata kurang tepat.
· Seperti terjemahan; tidak memahami pembentukan kata; tidak menguasai
kata-kata.
|
Amat
baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
4.
|
Bahasa (Tata Bahasa
dan Struktur)
· Amat menguasai tata bahasa; amat sedikit kesalahan penggunaan dan
penyusunan kalimat dan kata-kata.
· Penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; sedikit kesalahan tata
bahasa tanpa mengaburkan makna.
· Kesulitan dalam penggunaan dan penyusunan kalimat sederhana; kesalahan
tata bahasa yang mengaburkan makna.
· Tidak menguasai penggunaan dan penyusunan kalimat ; tidak komunikatif.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
5.
|
Penulisan (Ejaan
dan Tanda Baca)
· Amat menguasai kaidah penulisan
kata dan ejaan.
· Menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan sedikit kesalahan.
· Kurang menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, dengan banyak
kesalahan.
· Tidak menguasai kaidah penulisan kata dan ejaan, tulisan sulit dibaca.
|
Amat baik
Baik
Sedang
Kurang
|
4
3
2
1
|
6.
|
Kerapian
· Terbaca,
bersih dan rapi.
· Terbaca, bersih, tapi tidak rapi.
· Terbaca, tidak bersih dan tidak rapi.
· Tidak terbaca, tidak bersih, dan tidak rapi.
|
Amat
baik
Baik
Sedang
kurang
|
4
3
2
1
|
7.
Soal nomor 6
HAL-HAL YANG DIAMATI
|
Kesesuaian
4… Sesuai dengan kaidah dan
struktur
3… Sebagian sesuai dengan kaidah dan
struktur
2... Sebagian sesuai kaidah tetapi struktur tidak atau
sebaliknya
1… Tidak sesuai dengan kaidah dan
struktur
|
Kelengkapan (ada bagian awal-tengah-akhir)
4… ada bagian pendahuluan-isi-penutup
3… Ada bagian awal-tengah atau tengah-akhir
1
Ada sebagian awal-akhir tanpa tengah atau sebaliknya
1... Tidak sesuai dengan kelengkapan
|
Kelogisan
4……alasan mendukung pernyataan disertai dasar
3.......alasan mendukung tapi tidak bisa menunjukkan dasar
2……alasan kurang mendukung pernyataan
1……alasan tidak mendukung pernyataan
|
Kelancaran dan Keruntutan
4… Tidak tersendat-sendat sehingga mudah diikuti
3....lancar tapi ada beberapa bagian yang tidak runtut
2… Beberapa kali tersendat-sendat/ berhenti
untuk berpikir
1… Selalu berhenti untuk mengingat-ingat
|
Penggunaan Bahasa
4… Bahasa komunikatif dan sederhana, tidak
menghafal
3.... lancar tetapi terlalu sering mengulang bahasa yang sama
2… Struktur kalimat terlalu panjang sehingga
sukar dipahami
1… Kalimat rumit dan tidak logis
|
Pelafalan dan Intonasi
4… Pelafalan jelas dan tepat, intonasi
bervariasi
3....pelafalan jelas dan tepat tanpa variasi
2… Pelafalan jelas dan tepat tetapi intonasi
monoton
1… Pelafalan tidak jelas dan tepat,
intonasi monoton
|
Penampilan
4… Gerakan tubuh bermakna dan mendukung isi
3.... gerakan tubuh bermakna tetapi kurang mahir dalam
improvisasi
2… Beberapa gerakan kurang sesuai dengan
isi
1… Banyak gerakan yang tidak wajar dan
tidak sesuai dengan isi
Artikel
|
Kebumen, 20 Oktober 2014
Guru Mata Pelajaran
Post a Comment for "Contoh RPP Bahasa Indonesia SMA"