Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

CONTOH LAPORAN HASIL DISKUSI PRESENTASI


LAPORAN HASIL DISKUSI
TEORI SASTRA BANDINGAN

Oleh:
Kelompok 7

1.    Ndaru Enggar Setia Budi
Jelaskan latar belakang non sastra!
Jawab:
Latar belakang non sastra sering berbalut dengan latar belakang sastra. Latar belakang sastra, biasanya terkait dengan teks. Yakni berupa dorongan, spirit, ketertarikan ide, ketertarikan gaya, tipografi, dan seterusnya yang sering diikuti oleh pengarang selanjutnya. Aspek non sastra yang paling utama antara lain antropologi, sosiologi, psikologi, filsafat, agama, moral, dan sebagainya.
2.    Resti Yulianita
Mengapa sastra Internasional dipandang lebih orisinil dalam menampilkan produktivitas sastra?
Jawab:
Sastra Internasional dipandang lebih orisinil dalam menampilkan produktivitas sastra karena isi dari sastra Internasional merupakan gambaran dari kehidupan masyarakat  pada suatu periode, baik itu aspek sosial, religius, politik, maupun aspek lain yang sedang terjadi pada periode saat karya itu diciptakan oleh pengarang. Sastra Internasional ini nantinya akan menjadi sumber pokok bagi sastra nasional, sastra regional, dan seterusnya sampai pada lingkup yang lebih kecil lagi.
3.    Yunita sari
Mengapa teori kajian sastra sudah mulai kurang sejalan dengan sastra modern?
Jawab:
Teori kajian sastra sudah mulai kurang sejalan dengan sastra modern karena langkah-langkah analisis sastra bandingan yang terdapat dalam teori kajian sastra tersebut kurang mampu mengungkap makna sastra secara komprehensif. Sedangkan teori kajian sastra yang didamba-dambakan atau diharapkan oleh pengkaji sastra adalah teori yang mapan, yaitu teori yang mencakup langkah-langkah analisis sastra bandingan yang dapat mengungkap makna secara lebih komprehensif (mampu menangkap dengan baik).
4.    Ahmad Subarkah
Dari tiga cakupan teori sastra (teori sastra bandingan lama, teori sastra bandingan lisan, dan teori sastra bandingan modern), mana yang sering digunakan?
Jawab:
Dari ketiga cakupan tersebut, yang sering digunakan adalah teori sastra bandingan modern, karena teori ini biasanya lebih luas, bahkan menyangkut unsur di luar sastrapun diperbolehkan. Sastra bandingan modern dapat berupa teks-teks yang ditulis oleh sastrawan baik lama maupun modern. Jadi, istilah modern ini tidak harus menyangkut karya sastra modern saja, melainkan apa saja yang dapat dikaji. Siapapun dapat melakukan sastra bandingan gaya modern ini, dari sisi apa saja, yang penting cara-cara yang ditempuh menggunakan konsepsi modern.
5.    Syamsul Ma’arif
Bagaimana cara membangun kerangka teori sastra?
Jawab:
Kerangka teori menurut Suwardi Endraswara (2011:163) adalah seperangkat pernyataan tentang hakekat, cara memandang, merumuskan, dan menjawab suatu persoalan dengan menggunakan cara dan tata-urut tertentu, yang menghasilkan pernyataan tertentu tentang persoalan tersebut. Kerangka teori dibangun setelah melalui perdebatan antar teori. Kerangka ini menjadi pijakan pengkajian sastra bandingan, sehingga perlu diseleksi. Kerangka teori bukan pendapat-pendapat yang dikumpulkan begitu saja, melainkan dilakukan seleksi ketat, disesuaikan dengan metode, permasalahan, dan konsep.
6.    Mei Arisman
Apa ciri dari sastra bandingan lama dan sastra bandingan modern?
Jawab:
Ciri dari sastra bandingan lama dan sastra bandingan modern yaitu:
Kalau sastra bandingan lama menyangkut studi naskah. Sastra bidang ini biasanya ditangani oleh ilmu filologi, yaitu ilmu tentang bahasa, kebudayaan, pranata dan sejarah suatu bangsa sebagaimana terdapat di bahan-bahan tertulis. Sastra bandingan ini juga dapat dilakukan oleh siapa saja, yang penting memiliki bekal linguistik yang kuat. Sedangkan kalau sastra bandingan modern tidak hanya menyangkut karya sastra modern saja, melainkan apa saja yang dapat dikaji, bahkan menyangkut unsur di luar sastrapun diperbolehkan. Sastra bandingan ini dapat dilakukan oleh siapa saja, yang penting cara-cara yang ditempuh menggunakan konsepsi modern.
7.    Jelaskan, mengapa teori dalam studi sastra memerlukan aneka konsep sastra untuk menopang kerja sastra banding?
Jawab:
Teori dalam studi sastra memerlukan aneka konsep sastra untuk menopang kerja sastra banding, karena aneka konsep tersebut nantinya akan digunakan sebagai bekal yang akan mempermudah pengkaji dalam melakukan pengkajian sastra. Aneka konsep tersebut, sekurang-kurangnya yaitu teori sastra, sejarah sastra, interpretasi sastra, latar belakang non sastra, kritik sastra, dan sebagainya.

Post a Comment for "CONTOH LAPORAN HASIL DISKUSI PRESENTASI"