Contoh Penilaian Karakter dan Portofolio
E. Penilaian Karakter
Penilaian karakter dimaksudkan untuk
mendeteksi karakter yang terbentuk dalam diri peserta didik melalui
pembelajaran ang telah diikutinya. Pembentukan karakter memang tidak bisa sim salabimatau terbentuk dalam waktu
singkat, tapi indicator perilaku dapat di deteksi secara dini oleh setiap guru.
Contoh format penilaian karakter dapat dilihat sebagai berikut.
FORMAT PENILAIAN KARAKTER
|
|
|
|
|
|
keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
Format tersebut bisa di kembangkan
sesuai dengan karkter yang akan dinilai, dan jenis penilaian yang digunakan.
Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa penilaian yang dilakukan harus
mampu mengukur karakter yang harus diukur. Lebih dari itu, hasil penilaian
harus dapat digunakan untuk memprediksi karakter peserta didik, terutama dalam
penyelesaian pendidikan, dan kehidupannya di masyarakat kelak. Selain format di
atas penilaian karakter juga bisa dilakukan sebagai berikut.
PENILAIAN KARAKTER PESERTA DIDIK
JENIS
KARAKTER
|
INDIKATOR
PERILAKU
|
Bertanggung
jawab
|
a. Melaksanakan
kewajiban
b. Melaksanakan
tugas sesuai dengan kemampuan
c. Menaati
tata tertib sekolah
d. Memelihara
fasilitas sekolah
e. Menjaga
kebersihan lingkungan
|
Percaya
Diri
|
a. Pantang
menyerah
b. Berani
menyatakan pendapat
c. Berani
beranya
d. Mengutamakn
usaha sendiri daripada bantuan
e. Berpenampian
tenang
|
Saling
Menghargai
|
a. Menerima
perbedaan pendapat
b. Memaklumi
kekurangan orang lain
c. Mengakui
kelebihan orang lain
d. Dapat
bekerjasama
e. Membantu
orang lain
|
Bersikap
santun
|
a. Menerima
nasihat guru
b. Menghinari
permusuhan dengan teman
c. Menjaga
perasaan orang lain
d. Menjaga
ketertiban
e. Berbicara
dengan tenang
|
Kompetitif
|
a. Berani
bersaing
b. Menunjukkan
semangat berprestasi
c. Berusaha
ingin lebih maju
d. Memiliki
keinginan untuk tahu
e. Tampil
beda dan unggul
|
Jujur
|
a. Mengemukakan
apa adanya
b. Berbicara
secara terbuka
c. Menunjkkan
fakta yang sebenarnya
d. Menghargai
data
e. Mengaku
kesalahannya
|
F. Penilaian Portofolio
Portofolio adalah kumpulan tuga –
tugas yang dikerjakan peserta didik. Dengan demikian, dapat di kmukakan bahwa
penilaian portofolio adalah penilaian terhadap seluruh tugas yang di kerjakan
eserta didik dalam mata peajaran tertentu. Penilaian portofolio dapat dilakukan
bersama – sama oleh guru dan peserta didik, melalui suatu diskusi untuk
membahas hasil kerja peserta didik, kemudian menentukan hasil penilaian atau skor.
Beberapa
hal yang harusdi perhatikan dalam melakukan penilaian portofolio adalah sebagai
berikut.
1. Karya
yang dikumpulkan asli karya yang bersangkutan.
2. Menetukan
contoh pekerjaan yang harus dikerjakan.
3. Mengumpulkan
dan menyimpan sampel karya.
4. Meminta
peserta didik untuk menilai secara terus-menerus hasil portofolio.
5. Merencanakan
pertemuan dengan peserta didik untuk membicarakan hasil portofolio.
6. Melibatkan
orang tua dan masyarakat untuk meningkatkan efektivitas penilaian portofolio.
Penilaian
portofolio dalam Kurikululm 2013 harus dilakukan secara utuh dan
berkesinambungan, serta mencangkup seluruh kompetensi inti yang dikembangkan.
Adapun format penilaiannya dapat di kembangkan sebagai berikut.
FORMAT PENILAIAN PORTOFOLIO
Mata Pelajaran :
Kelas : 7
Kelas : 7
Kompetensi
:
|
Nama
:……………………………………..
Tanggal
: ………………………………………..........
|
|
|
Prosedur
Kegiatan
|
PENILAIAN
Jelek / Cukup / Baik/ Sangat Baik
|
|
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
Dicapai
melalui:
1. Diri
sendiri
2. Bantuan
guru
3. Seluruh
kelas
4. Kelompok
besar
5. Kelompok
kecil
|
Komentar
Guru
|
Komentar
Orang Tua
|
Tanggapan
Siswa
|
Dalam foFormat Penilaian 1, tampak
adanya prosedur kerja yang dinilai, dan dalam prosedur kerja tersebut secara
tersirat sudah menggambarakan karakter peserta didik. Sedangkan dalam Format
Penilaian 2, karakter peserta didik yang dibentuk dituliskan secara langsung
kompetensi dasar.
FORMAT PENILAIAN PORTOFOLIO 2
Kompetensi Dasar
|
Karakter
|
Materi Pokok
|
|
|
|
|
|
|
|
Format – format tersebut bisa
dikembangkan sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, dan jenis tugas yang
di berikan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa tugas yang diberikan
harus mampu meningkatkan hasrat belajar peserta didik, dan membantu mereka
dalam mengasai kompetensi. Ingat, apapun alasannya, tgas dalam portofolio
jangan digunakan untuk menghukum atau balas dendam terhadap peserta didik.
Berikut contoh penilaian portofolio yang dikembangkan berdasarkan format
penilaian 1.
CONTOH PENILAIAN PORTOFOLIO
Mata Pelajaran : IPA
Kelas : 7
Kelas : 7
Kompetensi
Dasar
|
|
Menggunakan
microskop dan peralatan lain untuk mengamati gejala – gejala kehidupan
|
Nama
: Rani Larasati
Tanggal
: …………………………………
|
Indikator
|
PENILAIAN
Jelek / Cukup / Baik / Sangat Baik
|
1. Mengenal
bagian – bagiab mikroskop
2. Menggunakan
mikroskop dengan benar (fokus, cahaya, objek)
3. Membuat
prediksi bangun tiga dimensi apabila tersedia hasil pengamatan dua dimensi
(horizontal dan vertical)
|
V
V
V
|
Dicapai
melalui :
1. Bantuan
guru
2. Seluruh
kelas
3. Kelompok
besar
4. Kelompok
kecil
5. Diri
sendiri (V)
|
Komentar
Guru
Tingkatan
terus prestasimu,
Dengan
belajar dan belajar
|
Komentar
Orang Tua
|
Tanggapan
Siswa
|
Gunakan
waktumu untuk belajar lebih teratur lagi
|
Stress
nih, banyak tugas…………..
|
G. Penilaian Ketuntasan
Belajar
Penilaian
ketuntasa belajar ditetapkan berdasarkan criteria kelulusan minimal (KKM)
dengan mempertimbangkan tiga komponen
FORMAT LEMBARAN PROGRAM PERBAIKAN
Mata Pelajaran :
………………………………………………………………………………
Kompetensi Dasar : …………………………………………….…………………………….
Kelas : ………………………………………………………………………………………..
Tahun Pelajaran : …………………………….……………………………………………….
Ulangan Harian Tanggal : .……………………………………………………………………
Kompetensi Dasar : …………………………………………….…………………………….
Kelas : ………………………………………………………………………………………..
Tahun Pelajaran : …………………………….……………………………………………….
Ulangan Harian Tanggal : .……………………………………………………………………
Perbaikan :
No
|
Nama
Siswa
|
Nilai Sebelum Perbaikan
|
Tanggal Perbaikan
|
Bentuk Pembaikan
|
Nilai Setelah Perbaikan
|
Keterangan
|
|
|
|
|
|
|
|
Program perbaikan diperuntukkan bagi
peserta didik yang lamban belajar sehingga tidak dapat mencapai kompetensi
sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, perbaikan ini
dilakukan untuk member kesempatan kepada mereka, dengan cara memberikan waktu
tambahan untuk mencapai kompetensi yang telah di tentuka. Adapun program
pengayaan diperuntukkan bagi peserta didik yang cepat belajar, sehingga dalam
waktu singkat dapat mencapai kompetensi yang telah ditnetukan (sebelum habis
waktu). Conto format program pengayaan adalah sebagai berikut.
FORMAT LEMBARAN PROGRAM PENGAYAAN
Mata Pelajaran :
……………………………………………………………………………....
Kompetensi Dasar :…………………………………………………………………………...
Kelas : ………………………………………………………………………………………...
Tahun Pelajaran : ……………………………………………...……………………………...
Ulangan Harian Tanggal : ………………………………………………………………….....
Kompetensi Dasar :…………………………………………………………………………...
Kelas : ………………………………………………………………………………………...
Tahun Pelajaran : ……………………………………………...……………………………...
Ulangan Harian Tanggal : ………………………………………………………………….....
Post a Comment for "Contoh Penilaian Karakter dan Portofolio"