Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Penilaian Karakter dan Portofolio


E. Penilaian Karakter
            Penilaian karakter dimaksudkan untuk mendeteksi karakter yang terbentuk dalam diri peserta didik melalui pembelajaran ang telah diikutinya. Pembentukan karakter memang tidak bisa sim salabimatau terbentuk dalam waktu singkat, tapi indicator perilaku dapat di deteksi secara dini oleh setiap guru. Contoh format penilaian karakter dapat dilihat sebagai berikut.

FORMAT PENILAIAN KARAKTER






keterangan







            Format tersebut bisa di kembangkan sesuai dengan karkter yang akan dinilai, dan jenis penilaian yang digunakan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa penilaian yang dilakukan harus mampu mengukur karakter yang harus diukur. Lebih dari itu, hasil penilaian harus dapat digunakan untuk memprediksi karakter peserta didik, terutama dalam penyelesaian pendidikan, dan kehidupannya di masyarakat kelak. Selain format di atas penilaian karakter juga bisa dilakukan sebagai berikut.
PENILAIAN KARAKTER PESERTA DIDIK
JENIS KARAKTER
INDIKATOR PERILAKU
Bertanggung jawab
a.    Melaksanakan kewajiban
b.    Melaksanakan tugas sesuai dengan kemampuan
c.    Menaati tata tertib sekolah
d.    Memelihara fasilitas sekolah
e.    Menjaga kebersihan lingkungan
Percaya Diri
a.    Pantang menyerah
b.    Berani menyatakan pendapat
c.    Berani beranya
d.    Mengutamakn usaha sendiri daripada bantuan
e.    Berpenampian tenang
Saling Menghargai
a.    Menerima perbedaan pendapat
b.    Memaklumi kekurangan orang lain
c.    Mengakui kelebihan orang lain
d.    Dapat bekerjasama
e.    Membantu orang lain
Bersikap santun
a.    Menerima nasihat guru
b.    Menghinari permusuhan dengan teman
c.    Menjaga perasaan orang lain
d.    Menjaga ketertiban
e.    Berbicara dengan tenang
Kompetitif
a.    Berani bersaing
b.    Menunjukkan semangat berprestasi
c.    Berusaha ingin lebih maju
d.    Memiliki keinginan untuk tahu
e.    Tampil beda dan unggul
Jujur
a.    Mengemukakan apa adanya
b.    Berbicara secara terbuka
c.    Menunjkkan fakta yang sebenarnya
d.    Menghargai data
e.    Mengaku kesalahannya

F. Penilaian Portofolio
            Portofolio adalah kumpulan tuga – tugas yang dikerjakan peserta didik. Dengan demikian, dapat di kmukakan bahwa penilaian portofolio adalah penilaian terhadap seluruh tugas yang di kerjakan eserta didik dalam mata peajaran tertentu. Penilaian portofolio dapat dilakukan bersama – sama oleh guru dan peserta didik, melalui suatu diskusi untuk membahas hasil kerja peserta didik, kemudian menentukan hasil penilaian atau skor.
            Beberapa hal yang harusdi perhatikan dalam melakukan penilaian portofolio adalah sebagai berikut.
1.      Karya yang dikumpulkan asli karya yang bersangkutan.
2.      Menetukan contoh pekerjaan yang harus dikerjakan.
3.      Mengumpulkan dan menyimpan sampel karya.
4.      Meminta peserta didik untuk menilai secara terus-menerus hasil portofolio.
5.      Merencanakan pertemuan dengan peserta didik untuk membicarakan hasil portofolio.
6.      Melibatkan orang tua dan masyarakat untuk meningkatkan efektivitas penilaian portofolio.
Penilaian portofolio dalam Kurikululm 2013 harus dilakukan secara utuh dan berkesinambungan, serta mencangkup seluruh kompetensi inti yang dikembangkan. Adapun format penilaiannya dapat di kembangkan sebagai berikut.
FORMAT PENILAIAN PORTOFOLIO
Mata Pelajaran            :
Kelas                           : 7
Kompetensi :
Nama :……………………………………..
Tanggal : ………………………………………..........

Prosedur Kegiatan
PENILAIAN
Jelek / Cukup / Baik/ Sangat Baik

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.



Dicapai melalui:
1.     Diri sendiri
2.     Bantuan guru
3.     Seluruh kelas
4.     Kelompok besar
5.     Kelompok kecil
Komentar Guru
Komentar Orang Tua
Tanggapan Siswa

            Dalam foFormat Penilaian 1, tampak adanya prosedur kerja yang dinilai, dan dalam prosedur kerja tersebut secara tersirat sudah menggambarakan karakter peserta didik. Sedangkan dalam Format Penilaian 2, karakter peserta didik yang dibentuk dituliskan secara langsung kompetensi dasar.
FORMAT PENILAIAN PORTOFOLIO 2
Kompetensi Dasar
Karakter
Materi Pokok








            Format – format tersebut bisa dikembangkan sesuai dengan kompetensi yang akan dinilai, dan jenis tugas yang di berikan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah bahwa tugas yang diberikan harus mampu meningkatkan hasrat belajar peserta didik, dan membantu mereka dalam mengasai kompetensi. Ingat, apapun alasannya, tgas dalam portofolio jangan digunakan untuk menghukum atau balas dendam terhadap peserta didik. Berikut contoh penilaian portofolio yang dikembangkan berdasarkan format penilaian 1.
CONTOH PENILAIAN PORTOFOLIO
Mata Pelajaran            : IPA
Kelas                           : 7
Kompetensi Dasar

Menggunakan microskop dan peralatan lain untuk mengamati gejala – gejala kehidupan
Nama : Rani Larasati
Tanggal : …………………………………
Indikator
PENILAIAN
Jelek / Cukup / Baik / Sangat Baik
1.     Mengenal bagian – bagiab mikroskop
2.     Menggunakan mikroskop dengan benar (fokus, cahaya, objek)
3.     Membuat prediksi bangun tiga dimensi apabila tersedia hasil pengamatan dua dimensi (horizontal dan vertical)
V
V

V
Dicapai melalui :
1.    Bantuan guru
2.    Seluruh kelas
3.    Kelompok besar
4.    Kelompok kecil
5.    Diri sendiri (V)
Komentar Guru
Tingkatan terus prestasimu,
Dengan belajar dan belajar
Komentar Orang Tua
Tanggapan Siswa
Gunakan waktumu untuk belajar lebih teratur lagi
Stress nih, banyak tugas…………..

G. Penilaian Ketuntasan Belajar
            Penilaian ketuntasa belajar ditetapkan berdasarkan criteria kelulusan minimal (KKM) dengan mempertimbangkan tiga komponen
FORMAT LEMBARAN PROGRAM PERBAIKAN
Mata Pelajaran : ………………………………………………………………………………
Kompetensi Dasar : …………………………………………….…………………………….
Kelas :  ………………………………………………………………………………………..
Tahun Pelajaran : …………………………….……………………………………………….
Ulangan Harian Tanggal : .……………………………………………………………………

Perbaikan :
No
Nama
Siswa
Nilai Sebelum Perbaikan
Tanggal Perbaikan
Bentuk Pembaikan
Nilai Setelah Perbaikan
Keterangan








            Program perbaikan diperuntukkan bagi peserta didik yang lamban belajar sehingga tidak dapat mencapai kompetensi sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Oleh karena itu, perbaikan ini dilakukan untuk member kesempatan kepada mereka, dengan cara memberikan waktu tambahan untuk mencapai kompetensi yang telah di tentuka. Adapun program pengayaan diperuntukkan bagi peserta didik yang cepat belajar, sehingga dalam waktu singkat dapat mencapai kompetensi yang telah ditnetukan (sebelum habis waktu). Conto format program pengayaan adalah sebagai berikut.
FORMAT LEMBARAN PROGRAM PENGAYAAN
Mata Pelajaran : ……………………………………………………………………………....
Kompetensi Dasar :…………………………………………………………………………...
Kelas : ………………………………………………………………………………………...
Tahun Pelajaran : ……………………………………………...……………………………...
Ulangan Harian Tanggal : ………………………………………………………………….....

Post a Comment for "Contoh Penilaian Karakter dan Portofolio"