Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pendapat Personal Pentingnya Pendidikan Bagi Setiap Individu

Pendidikan merupakan suatu gerbang menuju kehidupan yang lebih baik. Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Oleh karena itu pendidikan merupakan bekal untuk mengejar semua yang ditargetkan oleh seseorang dalam kehidupannya. Tanpa pendidikan, maka logikanya semua yang diimpikannya akan menjadi sulit untuk dapat diwujudkan.

Pada kenyataannya, memang tidak semua orang yang mengenyam pendidikan sukses dalam perjalanan hidupnya. Tetapi jika dilakukan perbandingan, maka orang yang berpendidikan tetap jauh lebih banyak yang bisa meraih kesuksesan daripada orang yang tidak pernah mengenyam pendidikan, baik pendidikan formal maupun non formal. Pendidikan adalah alat untuk mengembangkan diri, mental, pola pikir dan juga kualitas diri seseorang.
Jika orang yang sudah dibekali ilmu saja terbukti masih ada atau bahkan banyak yang mengalami kegagalan, lalu bagaimana dengan mereka yang tidak dibekali ilmu sama sekali? Logikanya sudah pasti mereka akan lebih kesulitan dalam mengembangkan hal-hal yang diminatinya dan pada akhirnya apa yang diimpikannya tidak terwujud. Proses hidup membutuhkan teori, dan dengan pendidikanlah teori tersebut bisa didapatkan.
Pendidikan tak hanya untuk bekal kebahagiaan di dunia saja, tetapi juga bekal untuk kebahagiaan di akhirat. Tanpa adanya pendidikan manusia tidak akan tahu tentang apa dan bagaimana kita supaya selamat dunia dan akhirat.
Sekelompok orang berpendapat bahwa pendidikan tidak menjamin kesuksesan. Menurut mereka kesuksesan tergantung dari keberuntungan dari masing-masing orang, yang sudah ditakdirkan oleh Yang Maha Kuasa. Setinggi apapun kita mengenyam pendidikan, jika impian kita tak sesuai dengan takdir kita, maka pendidikan yang selama ini dienyam adalah percuma karena tak ada manfaatnya untuk masa depan yang sudah diimpikan.
Pendapat bahwa kesuksesan adalah kuasa dari Sang Pencipta adalah benar menurut saya, tetapi kembali lagi bahwa setiap orang tetap membutuhkan pendidikan. Allah juga memerintahkan kepada kita untuk menuntut ilmu atau mengenyam pendidikan. Meskipun pendidikan tidak menjamin kesuksesan seseorang, namun pendidikan akan membekali kita tentang kualitas diri yang lebih baik sehingga kita akan lebih berpeluang untuk mendapatkan apa yang kita cita-citakan. Dan meskipun kita tidak mendapatkan apa yang kita cita-citakan, hasil dari pendidikan tersebut tidaklah percuma, karena hal tersebut sudah merubah kualitas diri kita menjadi lebih baik.

Pendidikan adalah prioritas untuk menjuju kearah yang lebih baik, dan masa depan yang lebih layak buat kita, meskipun masa depan itu tidaklah sesuai dengan cita-cita kita.

Post a Comment for "Pendapat Personal Pentingnya Pendidikan Bagi Setiap Individu"